5 Tips Agar Mobil Tetap Prima Meski Jarang Dipakai karena PSBB

Saat pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mobil pastinya akan jarang digunakan oleh sang pemilik

oleh Arief Aszhari diperbarui 20 Apr 2020, 19:22 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2020, 19:22 WIB
Mercedes-Benz
Mercedes-Benz A200 Sedan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mobil pastinya akan jarang digunakan oleh sang pemilik. Namun, bukan berarti kuda besi kesayangan tidak perlu dirawat, karena ketika hanya berada di garasi rumah saja, kendaraan juga berpotensi mengalami kerusakan.

Melihat kondisi tersebut, PT Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI) memberikan lima tips merawat mobil kesayangan, agar tetap prima dan siap kembali digunakan saat PSBB resmi berakhir.

Pertama, perhatikan beberapa area di dalam kendaraan yang mungkin sering sentuh, seperti roda kemudi dan tombol-tombolnya, pegangan pintu eksterior, konsol tengah, touchpad, dan media display, pegangan pintu interior, tombol jendela, tombol pengaturan kursi.

Kemudian, jaga keamanan mobil, dengan mengecek kondisi kendaraan, dan pastikan juga roda empat Anda tetap bersih dan aman. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah, bahkan saat pemilik berada di rumah.

Pertama, nyalakan mesin setidaknya dua kali seminggu selama 10 menit. Hal ini bertujuan untuk mengisi ulang baterai.

Kedua, cuci mobil Anda secara teratur untuk menghilangkan debu dan menjaga kebersihannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pindahkan posisi mobil

Ketiga, pindahkan mobil dari posisi parkir setidaknya sekali seminggu untuk mencegah terjadinya flat spots pada ban mobil Anda.

Terakhir, buatlah sirkulasi udara dengan membuka kaca jendela Anda serta bersihkan interior mobil Anda dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu atau kotoran yang berada di dalamnya secara berkala.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya