Investasi Kendaraan Listrik Foxconn di Indonesia Paling Lambat Akhir 2022

Foxconn akan merealisasikan investasinya paling lambat pada kuartal IV 2022 mendatang

oleh Arief Aszhari diperbarui 11 Jul 2022, 14:02 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2022, 14:02 WIB
Foxconn
Investasi Kendaraan Listrik Foxconn di Indonesia Paling Lambat Akhir 2022 (Bloomberg)

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kendaraan listrik di Indonesia akan semakin menarik, dengan bertambahnya perusahaan yang berniat untuk berinvestasi di Tanah Air. Terbaru, adalah Hon hai Precision Industry Co. Ltd alias Foxconn, yang berniat untuk menggelontorkan dana membangun ekosistem mobil ramah lingkungan.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, menargetkan Foxconn akan merealisasikan investasinya paling lambat pada kuartal IV 2022 mendatang.

"Kita rencanakan di kuartal ketiga atau paling lambat di kuartal keempat di tahun ini. Kemarin kami sudah rapat teknis sampai malam-malam dengan tim Foxconn. Doakan saja semoga Insya Allah ini terjadi," ujar Bahlil dalam bincang-bincang bersama Media di Surakarta, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Lanjut Bahlil, investasi dari pabrikan asal Taiwan ini rencananya akan berlokasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah dengan berbagai insentif yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia.

Sebelumnya, Bahlil sempat mendampingi Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat.

Pertemuan tersebut membahas tindak lanjut Nota Kesepahaman yang telah disepakati sebelumnya terkait dengan rencana investasi Foxconn, Gogoro, PT Industri Baterai Indonesia (IBC), dan PT Indika Energy Tbk di Indonesia.

Adapun nilai rencana investasi tersebut sebesar USD8 miliar atau setara Rp 120 triliun (kurs 15.005 per dolar AS) dan perkiraan penyerapan tenaga kerja lebih dari 10.000 orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Produsen Apple Bakal Jadi Pemasok 3 Juta Mobil Listrik Pada 2027

Perusahaan teknologi, Foxconn Technology Group, memiliki target untuk menyediakan komponen atau layanan untuk 10 persen kendaraan listrik dunia antara 2025 sampai 2027.

Bahkan, pabrikan yang dikenal sebagai pembuat (oursourcing) iPhone dan iPad ini telah melakukan pembicaraan dengan beberapa produsen mobil untuk kerjasama di masa depan.

Melansir Reuters, pabrikan asal Taiwan yang secara resmi disebut Hon Hai Precision Industry Co Ltd ini melihat pertumbuhan dari sektor-sektror EV, kesehatan digital, dan robot untuk diversifikasi investasi globalnya.

"Kami ingin mendorong industri EV Taiwan ke dunia," kata Liu Young-Way, Ketua Foxconn.

Delirium, Gejala COVID-19, Gejala Baru COVID-19, Gejala Covid, Gejala Baru Covid
Infografis yang menyebut bahwa delirium merupakan gejala baru dari COVID-19, penyakit yang disebabkan Virus Corona SARS-CoV-2, tersebar di media sosial dan grup WhatsApp. (Sumber: Istimewa)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya