Kementerian PUPR Siapkan SPKLU di 14 Rest Area Jalan Tol, Mudik Pakai Mobil Listrik Kian Tenang

Menjelang libur mudik Lebaran, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyediakan charging point atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 14 titik rest area jalan tol.

oleh Jordy Rivaldo diperbarui 14 Apr 2023, 06:09 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2023, 06:09 WIB
Menjelang Libur Mudik Lebaran, 14 unit SPKLU Disiapkan
Kementriap PURP (Dok Kementerian PUPR) bersama seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyediakan (SPKLU) di 14 titik rest area jalan tol.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang libur mudik Lebaran, berbagai fasilitas mulai disiapkan oleh pemerintah agar perjalanan berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah fasilitas di Tempat Istirahat dan Pelayanan/TIP (Rest Area) di Jalan Tol.

Bukan hanya untuk kendaraan konvensional saja, fasilitas untuk Electric Vehicle (EV) pun sudah mulai disediakan.

Dilansir dari pu.go.id, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyediakan charging point atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area jalan tol.

"Charging point atau SPKLU ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mendorong terbentuknya ekosistem mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang lebih baik," ucap, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja.

Persiapan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi semakin banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Ditambah lagi dengan faktor jumlah mobil listrik yang memang telah meningkat cukup signifikan di Indonesia. 

Berdasarkan laporan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik di Indonesia sebanyak 15.437 unit sepanjang 2022. Jumlahnya melesat 383,46 persen dibandingkan setahun sebelumnya yang sebesar 3.193 unit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Titik SPKLU

Saat ini SPKLU yang tersedia berjumlah 14 unit dan tersebar di 14 titik rest area jalan tol. Berikut daftarnya:

  • Ruas tol Jakarta - Merak di rest area KM 13A
  • Ruas tol Trans Jawa (Jakarta - Cikampek - Semarang -  Solo - Surabaya hingga Probolinggo) yang terletak di rest area KM 6B, KM 208B, KM 389B, KM 456B, KM 519B, KM 616B, KM 207A, KM 379A, KM 519A, KM 626A, dan rest area KM 695A. 
  • Ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) pada Rest Area KM 10A arah Bogor dan rest area KM 21B arah Jakarta.

Dengan demikian diharapkan para pemudik dapat merasa lebih aman, nyaman dan tenang berkendara mobil listrik.

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya