Rangka eSAF Patah Setelah Setahun Pakai Bisa Klaim Garansi?

PT Astra Honda Motor buka suara terkait dengan rangka eSAF mereka yang dikeluhkan konsumen karena berkarat hingga patah di Astra Honda Motor Safety Riding & Training Center, Cikarang, Jawa Barat pada Rabu, (23/8).

oleh Andhika Naufal Satria diperbarui 24 Agu 2023, 14:18 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2023, 14:18 WIB
Honda Pertegas Bercak Kuning pada Rangka eSAF Bukanlah Karat
Honda Pertegas Bercak Kuning pada Rangka eSAF Bukanlah Karat

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) buka suara terkait dengan rangka eSAF mereka yang dikeluhkan konsumen karena berkarat hingga patah.

Untuk diketahui, sepeda motor Honda yang menggunakan rangka eSAF ini memiliki garansi 10 ribu km atau 1 tahun. Apabila belum satu tahun sudah terindikasi karat atau keropos klaim garansi bisa dilakukan.

Namun pihak AHM akan meninjau ulang apakah ada kebijakan khusus untuk konsumen yang telah melewati masa garansi. 

"Kami perlu periksa lagi lebih detail penyebabnya apa, nanti akan dilihat apakah keluhan konsumen bisa diberikan kebijakan khusus atau tidak. Namun secara bisnis, kami sesuai dengan ketentuan garansi rangka sepanjang 10.000 km atau selama 1 tahun tergantung yang lebih dulu tercapai," terang General Manager Communication PT AHM Ahmad Muhibbudin kepada Liputan6.com, Kamis (24/8/2023).

Pria yang akrab disapa Muhib itu juga menambahkan apabila ada keluhan pada sepeda motor dapat menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau Contact Center 1-500-989.

Kemudian akan dilakukan pemeriksaan secara langsung pada setiap unit yang mengalami permasalahan untuk mengetahui penyebabnya dan melakukan penanganannya yang tepat.

Garansi rangka dan sistem kelistrikan selama satu tahun atau 10 ribu km memang sudah ditulis dalam setiap buku servis dan garansi Honda, namun itu juga harus dengan ketentuan dan persyaratan serta pengecekan lebih lanjut di bengkel AHASS.

Apabila klaim garansi tersebut tidak sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang dimiliki AHM, para konsumen bisa membeli rangka baru tersebut sendiri secara individu.


Honda Pertegas Bercak Kuning pada Rangka eSAF Bukanlah Karat

Astra Honda Motor (AHM) melakukan klarifikasi terhadap keluhan pelanggan terkait rangka eSAF mereka yang diklaim mudah berkarat, keropos hingga patah pada Rabu, (23/8).

Pengumuman klarifikasi ini diinformasikan pada akun Instagram Honda @welovehonda_id pada jam 10 pagi tadi.

Ahmad Muhibuddin, selaku General Manager Corporate Communication PT. AHM menyatakan, “Jika customer menemukan bercak kuning pada rangka motor baru Honda, dapat dipastikan itu adalah lapisan silicate, lapisan silicate itu bukan karat dan tidak dapat membuat rangka keropos, para customer tidak perlu khawatir dengan adanya bercak kuning tersebut.” 

Ahmad Muhibuddin juga menambahkan, apabila ada keluhan terkait dengan sepeda motor Honda, jangan segan-segan untuk para customer untuk menghubungi dan mendatangi bengkel resmi Honda (AHASS) terdekat, atau bisa dengan menelepon contact center PT AHM 1-500-989.

Kemudian Subhan selaku Technical Service Manager PT. AHM juga menjelaskan dan mengedukasi apa itu lapisan silicate yang membuat bercak kuning pada rangka eSAF.

“Proses pengelasan rangka eSAF menggunakan teknik MIG (Metal Inert Gas), yang melibatkan unsur kawat las yang mengandung unsur silikon dengan fungsi untuk menyatukan permukaan yang akan dilas,” jelasnya.

Infografis Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental
Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental.(Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya