Jangan Tergiur Harga Murah, Begini Cara Mengidentifikasi Oli Mesin Palsu

Bila menggunakan oli mesin yang tidak sesuai dengan spesifikasi dalam jangka panjang dapat merusak mesin motor. Akibatnya, biaya perawatan jadi lebih mahal.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 07 Sep 2024, 09:08 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 09:08 WIB
Oli OEM Yamaha dan Honda Dipalsukan, Federal Oil Jelaskan Ciri-ciri Pelumas Asli
Ilustrasi mengisi oli mesin sepeda motor (motorcyclesports.net)

Liputan6.com, Jakarta - Pelumas atau oli mesin sepeda motor yang beredar di pasaran cukup banyak jenis dan mereknya. Kondisi inipun dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan dengan menjual oli palsu yang spesifikasinya tidak sesuai aslinya.

Disitat dari laman resmi Federal Oil, bila menggunakan oli mesin yang tidak sesuai dengan spesifikasi dalam jangka panjang dapat merusak mesin motor.

Akibatnya, biaya perawatan jadi lebih mahal. Oleh karena itu jangan tertipu dengan harga oli yang murah, harus dilihat spesifikasi dan juga standarisasinya.

Berikut ini cara mengetahui ciri oli tidak sesuai spesifikasi yang bisa merusak mesin motor kesayangan:

Ciri-ciri oli mesin yang tidak sesuai spesifikasi yang sering ditemui secara kasat mata, jauh perbedaannya dari oli asli.

Oli ini jika sudah dituangkan ke dalam mesin, dapat dilihat langsung dibagian bawah dalam botol akan ada endapan hitam, hal ini karena hasil penyulingan oli tidak sesuai standar biasanya tidak akan sejernih oli yang asli.

Kemudian, secara aroma atau baunya juga berbeda dengan oli yang asli, oli jenis ini jika diendus akan berbau sangit seperti habis terbakar.

Dampak dari oli yang tidak sesuai standar ini jika digunakan secara terus menerus bisa merusak mesin, sirkulasi olinya jadi tidak normal, bisa mampet di pompa oli.

Karena jika sedikit saja ada kotoran masuk ke pompa oli, itu bisa membuat oli tersendat sirkulasinya,

Kotoran yang mungkin terdapat pada oli palsu dapat membuat sirkulasi oli pada dinding silinder akan terhambat dan membuat dinding silinder menjadi kering.

Saat ini, teknik pemalsuan sudah makin canggih, risiko-risiko seperti ini bisa saja kita alami sendiri. Maka dari itu pengetahuan akan pengenalan beda oli tidak sesuai standar untuk sepeda motor dan asli sangat diperlukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Undian Berhadiah

Program bertajuk 'Nyaman Berhadiah 2024' yang bergulir sejak Juli lalu mulai diundi. Pengundian periode Agustus 2024 telah dilakukan pada 8 dan 25 Agustus 2024.

Pemenang beruntung berhak mendapat hadiah, seperti Honda PCX 160cc dan Yamaha XMAX 250cc, serta total ribuan hadiah menarik lainnya seperti iPhone 15, tiket beserta akomodasi nonton langsung MotoGP di Lombok, logam mulia hingga elektronik voucher.

Disebutkan, daftar pemenang program ini untuk periode Agustus 2024 bisa dilihat di website resmi federaloil.co.id/nyaman-berhadiah dan Instagram resmi @federaloil_id.

"Selamat kepada para pemenang yang beruntung di periode Agustus 2024, semoga hadiah yang didapatkan dapat bermanfaat dan makin nyaman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari," terang Rommy Averdy Saat, Market Development General Manager PT EMLI dalam keterangan resminya.

Para konsumen yang belum beruntung tak perlu risau karena program ini masih akan hadir hingga 31 Desember 2024 dan diundi tiap bulannya.

"Ganti pelumas kendaraan motor matikmu dengan Federal Matic di Federal Oil Center terdekat kesayanganmu atau melalui official store Federal Oil yang ada di Marketplace," tutup Rommy.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya