Erick Thohir Jadi Cawapres Paling Banyak Raih Sentimen Positif Publik untuk Pilpres 2024

Kinerja terbaik yang dilakukan Erick Thohir dinilai sangat membantu meningkatkan elektabilitasnya sebagai cawapres

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Jul 2023, 20:42 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2023, 20:36 WIB
Erick Thohir
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat diwawancara oleh para wartawan usai menghadiri acara pemberian bantuan kepada Kurnia Meiga di Menara Danareksa, Jakarta Pusat (05/07?2023) (Bola.com/Abdul Aziz).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi sosok calon wakil presiden (cawapres) 2024 yang terus mendapat banyak simpati dari masyarakat luas. Hasil kinerja maksimal dan memuaskan Erick Thohir menjadi salah satu faktor utamanya.

"Terus kemudian (Erick Thohir) juga berhasil memodifikasi posisi-posisi strategisnya di luar menteri kabinet dan menghasilkan nilai positif di masyarakat," tutur Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi, Selasa (11/7/2023).

Dia memaparkan kinerja terbaik yang dilakukan Erick Thohir sangat membantu meningkatkan elektabilitasnya sebagai cawapres. Apalagi pencapaian tersebut dilakukan Erick Thohir bersamaan dengan gebrakan besarnya memajukan PSSI.

Prestasi seperti, lanjut dia, pemberantasan korupsi di internal BUMN dan meningkatkan kinerja BUMN yang selalu dianggap kurang bisa menambah basis dukungan milik Erick Thohir dari kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Berkat prestasi tersebut, lanjut dia, kian membuat Erick Thohir berhasil mengubah perspektif di masyarakat. Kondisi demikian tentu semakin menambah citra positifnya sebagai figur cawapres idaman Pilpres 2024.

"Ini juga menunjukan terjadinya perubahan perspektif masyarakat terhadap figur Erick Thohir yang bisa saja dianggap ada hal-hal positif,” terangnya.

Terlebih Erick Thohir sekarang lebih dikenal sebagai sosok pemimpin yang punya kerja nyata. Terbukti dari gebrakan-gebrakan besarnya selama menakhodai Kementerian BUMN dan induk sepak bola Indonesia yakni PSSI.

Tercatat Erick Thohir berhasil mencetak sejarah dengan torehan laba BUMN total Rp303 triliun dan dividen Rp80 triliun. Sedang di PSSI, Erick Thohir berhasil membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

“Prestasi sebagai menteri BUMN dan berhasil memangkas korupsi serta mendorong kinerja BUMN yang selama ini dianggap kurang," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Erick Thohir Digdaya Sebagai Cawapres Terkuat 2024

Menteri BUMN Erick Thohir kembali menjadi sosok unggulan pada bursa calon wakil presiden (cawapres) 2024. Erick Thohir unggul telak pada deretan cawapres pada survei Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Erick Thohir 14.3% paling banyak dipilih sebagai calon Wakil Presiden,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan dalam rilis via zoom, Selasa (11/7/2023).

Menteri andalan presiden ini menjadi sosok yang kuat diusung sebagai cawapres. Erick Thohir semakin menanjak ditopang kinerja baik sebagai menteri BUMN maupun sebagai Ketua Umum PSSI.

Survei menggunakan metode dengan teknik RDD sampel sebanyak 1242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling, survei dilakukan 1-8 Juli 2023.

Terobosan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI memberikan insentif elektoral untuk maju cawapres. Elektabilitas tersebut menasbihkan Erick Thohir meraih restu pecinta sepak bola untuk menjadi cawapres;

“Sekitar, 50%, tahu atau mendengar Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) Februari yang lalu. Dari yang tahu tersebut, mayoritas cukup/sangat puas dengan kinerja Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI yang baru,” jelasnya.

Pengamat Politik Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi menilai meningkatnya elektabilitas Erick Thohir berkat rekam jejak positif. Eks Presiden Inter Milan ini memiliki spektrum beragam yang cukup memberikan insentif elektoral untuknya.

"Sepertinya masyarakat melihat Erick Thohir sebagai figur muda yang energik, punya prestasi, ada keberanian, risk taker, dan inovatif," kata Ade.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya