Daftar ke KPU Hari Ini, Ganjar: Semua Udah Siap, Tinggal Mantennya Jalan

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mendaftarkan diri sebagai pasangan capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10/2023). Ganjar memastikan semua persyaratan sudah siap.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 19 Okt 2023, 06:41 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2023, 06:40 WIB
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD
Inilah cuitan pertama Mahfud MD di medsos setelah ditetapkan sebagai cawapres Ganjar Pranowo oleh Megawati Soekarnoputri, di Jakarta, Rabu (18/10/2023). (Foto: Dok. Instagram @mohmahfudmd)

Liputan6.com, Jakarta - Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mendaftarkan diri sebagai pasangan capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10/2023). Ganjar memastikan semua persyaratan sudah siap.

"Ya udah disiapin, teman-teman udah siap, rundown udah siap. Tinggal mantennya saya dengan Pak Mahfud Md menyiapkan diri, tinggal jalan," jelas Ganjar kepada wartawan di Gedung Arsip Nasional Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

Ganjar-Mahfud dijadwalkan melakukan pendaftaran sebagai pasangan Pilpres 2024 pada pukul 11.00 WIB. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan mendaftar ke KPU pukul 08.00 WIB.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan memulai rangkaian perjalanan ke Kantor KPU dari Tugu Proklamasi. Sebab, tempat tersebut merupakan tempat yang sangat sakral.

"Jadi agenda besok, kami akan berangkat dari Tugu Proklamasi, suatu tempat yang sangat penting karena tadi Prof Mahfud Md menggelorakan semangat pintu gerbang kemerdekaan itu oleh Bung Karno dan Bung Hatta, sehingga kami memulai dari tempat yang sangat sakral tersebut," kata Hasto, kepada wartawan, di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

"Dan kami memohon doa restu dari seluruh rakyat Indonesia dan rangkaian itu akan mengambil tema kokoh di dalam kultur dan jati diri bangsa," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bakal Diiringi Seluruh Komponen dari Partai Pengusung

Mahfud MD Cawapres pendamping Ganjar Pranowo
Bakal capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapresnya akan mendaftarkan diri sebagai paslon capres-cawapres, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Kamis (19/10/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dia menyebut, pasangan Ganjar dan Mahfud Md akan diiringi seluruh komponen dari partai pengusung yakni PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura.

"Kita akan mendaftar diiringi oleh seluruh komponen dari PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura, para relawan, dan juga masyarakat yang akan hadir," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. Di mata Megawati, Mahfud adalah sosok yang pantas dan mumpuni jadi cawapres Ganjar.

"Pak Mahfud, beliau sosok yang saya sendiri tidak asing beliau pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Jadi saya mengerti jalan pikirannya dan ketika beliau dipilih untuk menjadi Menkopolhukam, saya guyon sama beliau 'Saya ini dari Presiden turun menjadi Ketua Dewan Pembina Ideologi Pancasila', tapi saya bilang kepada beliau enggak apa-apa itu idelogi pancasila, tapi Anda (Mahfud) langsung meroket menjadi anggota kabinet," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Rabu, (18/10/2023).


Pengalaman Jadi Salah Satu Pertimbangan

Megawati menambahkan, pengalaman dan pengetahuan tinggi Mahfud di bidang jadi salah satu pertimbangannya.

"Prof Mahfud, seorang sosok inteletual yang mumpuni. Pengetahuan beliau di masalah hukum sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan. Sosok dengan pengalaman lengkap di legisliatif, eksekutif, yudikatif. Lalu dikenal rakyat sebagai Pendekar Hukum dan pembela Wong Cilik," tambahnya.

Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya