Gibran Sebut Cak Imin Bawa Botol Plastik di Debat Cawapres, Anies: Mungkin Salah Terima Bisikan

Anies Baswedan, menjawab tudingan cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka soal Muhaimin Iskandar yang disebut membawa minuman botol plastik saat debat cawapres.

oleh Winda Nelfira diperbarui 23 Jan 2024, 17:22 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2024, 17:21 WIB
Anies-Cak Imin
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghadiri debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan, menjawab tudingan cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka soal Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang disebut membawa minuman botol plastik saat debat cawapres, Minggu 21 Januari 2024.

Anies menyatakan, Gibran telah salah menerima bisikan soal botol plastik yang ia tujukan untuk menyerang Cak Imin saat debat itu.

"Mungkin terima bisikannya salah itu," kata Anies dalam acara 'Desak Anies edisi Pendidikan' di Rock Convention Hall, Yogyakarta Selasa (23/1/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini mengaku bingung dengan tudingan Gibran Rakabuming Raka. Bahkan, kata Anies, saat pernyataan itu dilontarkan Gibran, dia sempat mencari wujud botol plastik yang dimaksud Gibran.

Pasalnya, ujar Anies, Timnas AMIN sama sekali tidak membawa botol plastik saat debat cawapres Minggu malam itu berlangsung.

"Padahal dari kemarin kita juga pakai tumbler. Saya tuh malah kaget juga plastik, mana yang bawa plastik gitu kan," ucap Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Debat Cawapres, Gibran Sebut Cak Imin Pakai Botol Plastik

Cawapres Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres 2024.
Cawapres Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres 2024. Dok: Screenshot YouTube KPU RI

Diketahui, cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka, menanggapi pertanyaan cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, terkait strategi dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan.

Gibran menyentil pertanyaan Cak Imin dengan botol plastik. Pasalnya, Cak Imin menggunakan botol minum berbahan plastik, di mana bahan tersebut merupakan bahan yang lama terurai.

"Gus Imin ini lucu ya, menanyakan masalah lingkungan hidup kok pakai botol-botol plastik itu, padahal saya, Pak Ganjar, dan Prof Mahfud pakai botol kaca, itu bagaimana komitmennya. Tapi gak apa-apa kita kembali ke topik," kata Gibran dalam debat cawapres di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 21 Januari 2024.

Kendati begitu, Gibran Rakabuming Raka berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan adalah dengan melaksanakan pembangunan Indonesia sentris, tidak Jawa Sentirs.

"Intinya disini kita sudah berkomitmen untuk yang namanya pembangunan tidak boleh lagi Jawa Sentris, harus mulai Indonesia Sentris," ujarnya.

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya