Survei Internal Partai Golkar, Anwar Hafid Ungguli Kandidat Lain di Pilkada Sulteng

Melihat posisi Anwar Hafid yang terdepan, Efriza menilai, rakyat melihat bagaimana rekam jejak dan kinerja Anwar Hafid sehingga memengaruhi elektabilitasnya saat ini.

oleh Tim News diperbarui 26 Jul 2024, 13:58 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 13:22 WIB
anwar Hafid
Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid menjadi sorotan dalam survei internal Partai Golkar yang menunjukkan dirinya sebagai kandidat paling terdepan. Berdasarkan hasil survei tersebut, Anwar Hafid mencatatkan angka tertinggi dibandingkan kandidat lainnya.

Pengamat Politik Citra Institute, Efriza mengatakan, Anwar Hafid adalah kandidat yang paling diperhitungkan oleh Golkar. Efriza menegaskan, bahwa jika angka survei pertama sudah tinggi, maka kemungkinan besar survei kedua tidak akan jauh berbeda.

"Jika melihat hasil survei Golkar, Anwar Hafid yang survei pertama tertinggi maka memungkinkan ia amat diperhitungkan. Sebab jika survei pertama tinggi maka survei kedua tidak jauh berbeda," ucap Efriza, Jumat (26/7/2024).

Berdasar hasil survei pertama internal Golkar, enam besar elektabilitas calon Gubernur dengan pertanyaan tertutup, masing-masing berdasarkan peringkat yakni, Anwar Hafid 16,70 persen, Hidayat Lamakarate 15,38 persen, Ahmad Ali 13,95 persen, Rusdi Mastura 7,43 persen, Iwan Lapata 2,75 persen, dan Arus Abdul Karim 0,31 persen.

Melihat posisi Anwar Hafid yang terdepan, Efriza menilai, rakyat melihat bagaimana rekam jejak dan kinerja Anwar Hafid sehingga memengaruhi elektabilitasnya saat ini. Maka diyakini, Anwar Hafid adalah kandidat terkuat yang akan mendapatkan restu partai berlogo beringin itu.

"Sisi lain rekam jejak karir dan kinerjanya memang memengaruhi elektabilitas Anwar Hafid maka diyakini calon terkuat yang akan memperoleh surat rekomendasi dari Golkar," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rekam Jejak Anwar Hafid

Rekam jejak yang dimaksud Efriza yakni bagaimana kepemimpinan dan keberhasilan Anwar Hafid ketika menjabat sebagai Bupati Morowali selama dua periode. Kemudian, kepercayaan masyarakat kepadanya sehingga ia bisa duduk di kursi parlemen pusat selama dua periode juga.

Dengan demikian, Anwar Hafid kini berada di posisi strategis untuk melangkah lebih jauh dalam pemilihan gubernur yang akan datang. Diketahui, Partai Golkar sendiri diperkirakan akan segera mengumumkan rekomendasi resmi mereka, yang diharapkan akan semakin menguatkan posisi Anwar Hafid sebagai kandidat unggulan.

Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya