Ridwan Kamil-Suswono Pilih Singkatan RIDO, Ini Alasannya

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Ridwan Kamil-Suswono memilih RIDO sebagai identitas dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 29 Agu 2024, 18:43 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 18:42 WIB
Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Ridwan Kamil-Suswono menjadi pasangan kedua yang mendaftar ke KPU DKI Jakarta, setelah sebelumnya pasangan Pramono Anung-Rano Karno. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Ridwan Kamil-Suswono memilih RIDO sebagai identitas dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Bagi Ridwan Kamil singkatan tersebut sudah tidak asing. Sebelas tahun lalu, di mana itu dipakai saat berpasangan dengan Oded Muhammad Danial saat Pilkada Wali Kota Bandung.

"Sudah disepakati RIDO itu nama formal, nanti mungkin alat peraga dan sosialisasi akan menggunakan itu," kata Ridwan Kamil seperti dikutip Kamis (29/8/2024).

Tidak hanya bernuansa nostalgia, RIDO mengandung arti mendalam bagi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta tersebut.

Menurut dia, RIDO tak sebatas singkatan Ridwan-Suswono, RIDO melambangkan doa, harapan, dan ketulusan hati untuk mengharap rida Allah SWT dan Tuhan Yang Maha Esa.

"Filosofinya tentu kami berharap rida, Allah SWT memberikan rida-Nya dalam niat baik kami, dalam berkontestasi dengan cara yang baik," jelas Ridwan Kamil.

Dia pun berharap, Pilkada Jakarta ini menjadi pesta demokrasi yang membawa kebahagiaan, menyenangkan, dan menjadi ajang bagi rakyat Jakarta untuk bersukacita.

"Kami menjamin kepada KPU bahwa paslon kami akan memberikan suasana gembira, riang gembira, penuh gagasan-gagasan yang solutif. Sehingga pilkada ini ramai, sukses, penuh riang gembira," jelas Ridwan Kamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ogah Dipanggil RAWON, Ridwan Kamil-Suswono Tegaskan Singkatan Namanya RIDO

Ridwan Kamil (RK)-Suswono sudah resmi mendaftakan diri di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta sebagai pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jakarta 2024.

Usai pendaftaran, RK menegaskan, dirinya dan Suswono enggan disebut dengan nama singkatan RAWON. Dia menegaskan, nama singkatan yang cocok untuk Ridwan Kamil dan Suswono adalah RIDO.

“Dalam kesempatan ini kami menyampaikan juga nama pasangan kami adalah RIDO, singkatan dari Ridwan Suswono bukan RAWON, mohon izin,” ujar RK saat jumpa pers usai mendaftarkan diri di Kantor KPU Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Ridwan Kamil mengatakan, tahapan selanjutnya usai pendaftaran adalah pemeriksaan kesehatan oleh tim verifikasi KPU Jakarta. Rencananya, pasangan yang didukung oleh 13 partai tersebut akan hadir di RSUD Tarakan Jakarta pada 31 Agustus 2024 mendatang.

“Usai kami menyerahkan persyaratan-persyaratan administrasi untuk diverifikasi, kurang lebih selama 3 hari. Mudah-mudahan administrasinya lancar sehingga kami bisa meneruskan pada proses-proses selanjutnya, antara lain pemeriksaan kesehatan, yang Insya Allah dijadwalkan di 31 Agustus 2024,” ucap RK.


Sempat Disingkat RAWON Oleh PKS

Sebelumnya, Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengungkapkan, singkatan namanya dengan Suswono yang menjadi Bacawagub Jakarta adalah RIDO. RIDO merupakan akronim dari gabungan nama Ridwan-Suswono.

"RIDO itu singkatan dari Ridwan Suswono. Intinya, kita tidak mau takabur, kita tetap berikhtiar, dan memohon ridho Allah SWT agar dilancarkan, diberi keberkahan, dimenangkan, dan akhirnya memberi kemaslahatan selama 5 tahun," kata RK di Kantor DPD Golkar DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024).

Sebelum resmi dideklarasikan, DPP PKS melalui akun Instagramnya @pk_sejahtera mengunggah foto Ridwan Kamil - Suswono sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024-2029. Pada unggahan 19 Agustus 2024 itu, PKS juga menyertakan tulisan RAWON sebagai singkatan dari Ridwan Kamil - Suswono.

Namun hanya berselang beberapa jam, PKS kembali mengunggah foto Ridwan Kamil - Suswono dengan akronim RIDO. PKS menyebut, singkatan baru ini disepakati setelah resmi dideklarasikan oleh belasan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya