Paslon Pilkada Jakarta Akan Memulai Kampanye Damai

Komisioner KPU Jakarta, Astri Megatari memastikan, nomor urut yang sudah diambil tiga pasangan calon malam hari ini sudah bisa digunakan untuk mereka berkampanye.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 23 Sep 2024, 22:38 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 22:38 WIB
Anggota KPU DKI Jakarta Astri Megatari di acara Peluncuran Tahapan Pilgub Jakarta 2024 di Sisi Selatan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu malam (25/5/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Anggota KPU DKI Jakarta Astri Megatari di acara Peluncuran Tahapan Pilgub Jakarta 2024 di Sisi Selatan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu malam (25/5/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Komisioner KPU Jakarta, Astri Megatari memastikan, nomor urut yang sudah diambil tiga pasangan calon malam hari ini sudah bisa digunakan untuk mereka berkampanye.

Namun sebelum memulai rangkaian kampanye, terlebih dulu ketiganya harus menghadiri agenda deklarasi kampanye damai pada esok hari.

“Setelah ini mereka akan bisa menggunakan nomor urut ini sebagai materi kampanye dan besok 24 September KPU DKI akan selenggarakan deklarasi kampanye damai yang bertempat di Kota Tua,” kata Astri di Kantor KPU Jakarta, Jalan Salemba Raya Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024).

Astri menjelaskan, acara dimulai pukul 3 sore. Kemudian, secara bersama tiap pasangan calon akan menyerukan jalannya Pilkada 2024 yang damai.

“Kita akan menyaksikan seruan Pilkada yang penuh damai dari ketiga pasangan calon tersebut supaya dapat melaksanakan kampanye ini dengan penuh sukacita, semangat dan warga Jakarta dapat dengarkan visi misi Paslon ini dengan baik,” ungkap dia.

Astri menambahkan, setelahnya rangkaian kampanye resmi akan dimulai pada 25 September 2024 hingga 23 November 2024. Dengan nomor urut yang sudah ditetapkan, masing-masing pasangan calon bisa menggunakannya sebagai materi kampanye.

“Setelah ini mereka akan bisa menggunakan nomor urut ini sebagai materi kampanye dimana nanti bisa dicetak untuk bahan kampanye, kemudian di dalam alat peraga atau mungkin nanti disebar melalui iklan di media massa, cetak, daring,” Astri menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nomor Urut Cagub Cawagub Jakarta 2024: Ridwan Kamil-Suswono 1, Dharma-Kun 2, Pramono-Rano 3

Komisi Pemiliham Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menggelar pengundian nomor urut untuk 3 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta. Ketiga pasangan tersebut adalah Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun - Kun Wardana.

Pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta digelar di Kantor KPU Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024). Acara tersebut dimulai pukul 19.00 WIB.

Sebelum pengundian dilakukan, para peserta nomor mengambil nomor antrean terlebih dahulu. Setelah itu baru mereka melakukan pengundian nomor urut.

Hasilnya, pasangan Pramono Anung-Rano Karno mendapatkan nomor 3. Sedangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono memperoleh nomor urut 1. Dan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto mendapatkan nomor urut 2.

Penetapan ketiga paslon tersebut sebagai peserta Pilgub Jakarta sudah dilangsungkan Minggu, 22 September 2024. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Wahyu Dinata menyampaikan, penetapan dilangsungkan usai pihaknya menggelar rapat pleno tertutup.

“KPU DKI Jakarta menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang memenuhi syarat. Keputusan ini akan mulai ditetapkan Jakarta, 22 September 2024,” kata Wahyu di Kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Minggu 22 September 2024.

 


3 Kali Debat

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Astri Megatari memastikan gelaran Pilkada Serentak 2024 akan diwarnai debat para kandidat. Tak terkecuali di Pemilihan Gubernur Jakarta.

Astri menjelaskan pihaknya sudah menyelenggarakan rapat bersama dengan televisi penyelenggara dan sudah ada pembagiannya untuk tiap kali debat.

"Masing-masing debat ada tiga kali debat. Masing-masing debat sudah ada TV penyelenggara yang akan melaksanakan," kata Asti di Kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Minggu (22/9/2024).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya