Cagub Banten Andra Soni Janjikan Sekolah Gratis di Debat Perdana

Dalam visi misinya, Andra Soni menjanjikan sekolah gratis untuk negeri dan swasta. Andra Soni berharap masyarakat bisa lebih cerdas serta memutus angka sekolah yang rata-rata hanya 9 tahun.

oleh Tim News diperbarui 17 Okt 2024, 15:31 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 11:31 WIB
Calon Gubernur Banten nomor urut 02, Andra Soni, menjanjikan program Sekolah Gratis dalam visi misinya, termasuk diulas saat debat perdana Pilgub Banten 2024. (Istimewa)
Calon Gubernur Banten nomor urut 02, Andra Soni, menjanjikan program Sekolah Gratis dalam visi misinya, termasuk diulas saat debat perdana Pilgub Banten 2024. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Banten nomor urut 02, Andra Soni, menjanjikan program Sekolah Gratis dalam visi misinya, termasuk diulas saat debat perdana Pilgub Banten 2024 pada Rabu malam, 16 Oktober 2024. 

Dalam visi misi nya, Cagub Banten 2024 itu menjanjikan sekolah gratis untuk negeri dan swasta. Andra Soni berharap masyarakat bisa lebih cerdas serta memutus angka sekolah yang rata-rata hanya 9 tahun.

"Dengan Sekolah gratis, setiap anak memiliki hak yang sama untuk belajar dan berkembang tanpa terkendala oleh kondisi ekonomi keluarga, mulai jenjang setara SMA, SMK, MA Negeri dan Swasta di Banten," ujar Andra Soni, Kamis, (17/10/2024).

Mantan Ketua DPRD Banten periode 2019-2024 itu mengaku bahwa sekolah gratis hingga sektor pendidikan jadi salah satu faktor penting untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan bisa meraih Indonesia Emas 2045 mendatang.

Ditegaskan Andra Soni, ajakan untuk tidak korupsi berlaku kepada semuanya. Oleh karena itu ada tiga hal penting yang akan dilakukan Andra Soni-Dimyati ke depan ketika jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten.

"Yaitu bagaimana pendidikan bisa berkualitas dan adil merata kepada seluruh masyarakat Banten. Bagaimana layanan kesehatan bisa bermanfaat bagi semua masyarakat Banten dan berkeadilan, dan ketiga bagaimana masyarakat Banten mampu menerapkan kehidupan yang layak. Oleh karena itu, no one left behind tidak boleh ada satupun warga banten yang ditinggalkan," jelasnya.

Cagub Banten 2024 jagoan Prabowo Subianto yang merupakan Presiden terpilih periode 2024-2029 itu berharap tidak ada lagi daerah yang tertinggal atau ditinggalkan.

Pembangunan Harus Merata

Kontestan Pilgub Banten 2024, Andra Soni-Dimyati Natakusumah. (Rabu, 25/09/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).
Kontestan Pilgub Banten 2024, Andra Soni-Dimyati Natakusumah. (Rabu, 25/09/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Pembangunan Banten di segala bidang harus merata, serta tidak boleh ada sektor yang ditinggalkan. Itulah mengapa mereka mengusung visi misi Banten Maju Adil Merata, termasuk sekolah gratis. Dimana, Andra Soni kecil pernah merasakan pahit dan sulitnya mengenyam pendidikan, karena keterbatasan ekonomi keluarga.

"Visi kami adalah bagaimana Banten maju adil dan merata tanpa korupsi, tidak boleh lagi ada pengkhianatan kepada rakyat, tidak boleh ada lagi daerah yang terabaikan, tidak boleh lagi ada masyarakat yang termarjinalkan, no one left behind. Tidak boleh ada masyarakat yang ditinggalkan keadilan, dan pemerataan harus kita wujudkan," terangnya.

Untuk mewujudkan Banten maju, adil merata tidak korupsi, Andra Soni-Dimyati sudah menyiapkan 8 program dan 24 program turunan. Semua program bisa berjalan jika keduanya terpilih sebagai Gubernur dan Wagub Banten. 

Calon Gubernur Banten 2024, Andra Soni berjanji tidak akan ada daerah yang tertinggal jika nanti terpilih pada kontestasi politik yang digelar pada Rabu, 27 November 2024.

"Saya tidak menyerang siapapun, saya mengajak kepada semua untuk taat patuh kepada hukum yang berlaku dan saya meminta kita untuk komitmen teguh memajukan Banten. Teguh untuk menciptakan keadilan, teguh untuk menciptakan pemerataan dan itu semua akan bisa terjadi saat kita berkomitmen untuk tidak mengkhianati rakyat tidak korupsi itu penting," tuturnya.

Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya