Trik Mencegah Ular Masuk Rumah

Terdapat beberapa kemungkinan masuknya ular ke dalam rumah. Salah satunya karena tersasar.

oleh Fathia Azkia diperbarui 30 Mar 2016, 06:16 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2016, 06:16 WIB
Trik Menangkal Ular Masuk ke Rumah
Terdapat beberapa kemungkinan masuknya ular ke dalam rumah. Salah satunya karena tersasar.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak panik dan cemas saat melihat ular masuk ke dalam rumah. Bagi masyarakat awam, kedatangan ular merupakan ancaman bagi keselamatan anggota keluarga.

Terdapat beberapa kemungkinan masuknya ular ke dalam rumah. Salah satunya karena tersasar. Hal ini bisa terjadi, terutama jika jarak rumah dengan sawah, rawa, atau sungai cukup dekat.

Penyebab lain adalah sensor yang dimiliki si ular menemukan adanya makanan di dalam rumah. Makanan utama ular adalah tikus. Oleh karena itu, bila ada sarang tikus di dapur atau gudang, tak heran jika ular merasa diundang untuk memasuki rumah Anda.

Jadi sebenarnya, untuk mencegah datangnya ular, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membasmi tikus di rumah. Untuk memerangi tikus secara alami Anda bisa baca di sini.

Salah satu jenis ular yang kerap menghampiri rumah warga adalah kobra. Aktivitas sehari-hari ular ini adalah mencari makan di malam hari dan tidur di siang hari. Saat musim hujan tiba, pemilik rumah sebaiknya waspada dengan kunjungan ular kobra.

Ular ini biasa keluar guna menghangatkan badan dari lubangnya yang dingin sehabis hujan. Sehingga tak menutup kemungkinan, kobra akan bertandang ke rumah-rumah warga yang suhunya lebih panas. Banjir yang menimpa pemukiman juga sering menjadi pemicu ular keluar dari sarangnya.

Cara ampuh menangkal datangnya ular

Pelihara binatang yang memiliki cakar. Dikutip dari Rumah.com, memelihara hewan yang memiliki kuku tajam seperti anjing atau kucing, cukup membantu menjaga rumah dari kunjungan ular. Selain bisa memberikan tanda bahaya dengan suaranya, ular juga takut dengan kedua hewan ini.

Ular takut dengan kucing. Selain itu, binatang ini juga memiliki insting untuk mengusir ular saat bertemu.

Menutup semua akses. Bila di pekarangan rumah terdapat pohon berukuran besar dan berdaun lebat, usahakan agar ranting atau dahannya tidak sampai menyentuh atap rumah. Beri jarak minimal satu meter. Cara lain yang harus dilakukan adalah menutup semua saluran air dengan saringan, agar ular tidak bisa masuk melalui celah saluran air.

Buang semua barang bekas. Tikus gemar menetap di dalam gudang berisi barang-barang bekas yang diletakkan sembarangan. Tentu saja kondisi ini akan mengundang ular untuk datang mengendus mangsanya, yakni tikus.

Rumah yang wangi. Faktanya, ular sangat takut dengan bau-bau yang menyengat. Hal ini dikarenakan ular mengandalkan indera penciuman lewat lidahnya untuk mengenali keadaan di lingkungan sekitar.
Maka dari itu, usahakan rumah selalu dalam kondisi harum, sehingga ular akan merasa kebingunan dan akhirnya kabur menjauh.

Rutin membuang sampah. Sampah merupakan makanan utama para tikus. Semakin banyak tikus di rumah, maka ular pun merasa tertantang untuk masuk ke rumah. Buanglah sampah minimal empat kali dalam seminggu untuk memutus rantai makanan ini.

Membuat Pagar Beton. Guna memaksimalkan perlindungan dari ancaman ular, Anda dapat membangun pagar beton dengan mengelilingi rumah. Agar lebih optimal, pasang kawat berduri di bagian atas pagar. Langkah ini sangat disarankan untuk rumah yang berjarak dekat dengan sawah atau sungai.

Foto: Wikipedia

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya