Tips Mengatasi Rumah yang Penuh Barang Koleksi Orangtua

Masih tinggal bersama orang tua yang suka menyimpan barang 'kenangan' sehingga bikin rumah terasa sumpek? Ini tips mengatasinya!

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 26 Sep 2017, 11:59 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2017, 11:59 WIB
20170926-menata-rumah-banyak-barang
Tak jarang barang-barang ini membuat rumah terasa penuh dan berdebu. Apalagi jika rumah Anda bergaya minimalis, bikin terasa sempit.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang saat ini masih tinggal bersama orang tua pasti pernah merasakan kesalnya melihat rumah yang terlalu sumpek dengan barang-barang koleksi ortu. Kebanyakan orangtua memang gemar menyimpan barang-barang, terutama barang peninggalan.

(Baca juga: Stop Beli 5 Barang ini Jika Ingin Punya Rumah!)

Sebut saja lampu dan furnitur antik, buku-buku lama yang sudah lapuk, dan banyak lagi. Tak jarang barang-barang ini membuat rumah terasa penuh dan berdebu. Apalagi jika rumah Anda bergaya minimalis, bikin terasa sempit. Hal seperti ini tentu bisa bikin Anda jadi tidak betah di rumah.

Solusi terbaik untuk hal ini adalah dengan menyiasati hunian agar menjadi lebih rapi sehingga tetap nyaman dihuni. Dan berikut adalah empat tips dari Rumah.com yang dapat Anda coba.

1. Menyortir barang

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah menyortir barang-barang milik orangtua di tempat-tempat yang tidak semestinya. Pastikan Anda hanya menyimpan barang-barang yang masih bisa digunakan, sedangkan untuk benda yang sudah tidak bisa digunakan dan sudah rusak harus Anda buang.

Misalnya, Anda tak mungkin mengumpulkan kaset-kaset video lama yang sudah tidak ada alat pemutarnya meski berisi banyak kenangan. Dalam hal ini Anda memang harus tega, dan pastikan untuk meminta izin orang tua sebelumnya.

Yakinkan orangtua Anda bahwa mereka masih memiliki banyak kenangan yang dapat disimpan selain benda-benda rusak tersebut yang hanya memenuhi ruang.

2. Jenis barang

Saat menyortir, kelompokkan barang-barang menurut jenisnya. Misalnya buku dengan buku, hiasan antik dengan hiasan antik lain. Setelah terkumpul nantinya Anda akan lebih mudah untuk melakukan penataan dan pendekorasian ulang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menata Rumah Penuh Barang

3. Tempat penyimpanan

Untuk benda-benda yang dirasa tak cukup menarik, namun tidak ingin dibuang, sebaiknya tempatkan benda-benda tersebut di ruang penyimpanan. Tempat penyimpanan tak harus di gudang.

Anda bisa menggunakan rak ambalan, lemari, atau menyediakan ruangan khusus sebagai display dan penyimpanan barang-barang vintage koleksi orang tua.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian dengan harga di bawah Rp200 jutaan)

4. Pilih ruangan

Barang-barang yang telah disortir tak harus diletakkan di dalam satu ruang. Misalnya, Anda dapat meletakkan album foto jadul di ruang keluarga, tumpukkan buku lama dapat Anda tempatkan di ruang tamu, dan hiasan-hiasan antik untuk mempercantik kamar mandi.

Lakukan sesuai selera sehingga mendapatkan tampilan yang baik.

 

Dian Probowati

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya