Negara Ini Beri Dana Khusus Makan Gratis Warganya Saat Ramadan

Kano, merupakan negara bagian Nigeria, di mana banyak penduduknya yang beragama Islam.

oleh Nurmayanti diperbarui 19 Jun 2015, 12:05 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2015, 12:05 WIB
Negara Ini Siapkan Rp 17 Miliar untuk Beri Makan Gratis Ramadan
Kano, merupakan negara bagian Nigeria, di mana banyak penduduknya yang beragama Islam.

Liputan6.com, Kano - Kano, mungkin belum banyak yang mengetahui negara ini. Kano, merupakan negara bagian Nigeria, di mana banyak penduduknya yang beragama Islam.

Ada satu yang mungkin patut dicontoh dari Kano pada momen Ramadan ini. Bahwa, pemerintahan negara ini mengalokasikan dana khusus untuk memberikan makanan gratis bagi warga muslimnya.

Melansir laman Daily Post, Jumat (19/6/2015), tak tanggung-tanggung anggaran yang digelontorkan mencapai 220 juta Naira atau setara Rp 17,8 miliar.

Ketua Panitia Program Pemberian Makan Gratis Ramadan Kano, Alhaji Usman Bala, dalam wawancaranya dengan Kantor Berita Nigeria (NAN), mengatakan anggaran tersebut untuk memberikan makanan gratis selama sebulan penuh Ramadan.

Bala, Sekretaris Utama Gubernur Abdullahi Ganduje, mengatakan pemerintah telah menyiapkan segala sesuatunya untuk memulai program ini pada Kamis (18/6/2015).

Nantinya pemberian makan gratis ini disalurkan melalui tempat khusus. Kini tersedia sekitar 120 sampai 175 lokasi tersebar di negara bagian ini.

"Bahan makanan termasuk beras, kacang,  tepung, minyak goreng telah disediakan di masing-masing lokasi. Setiap pusat akan memiliki komite yang dikoordinasi lima orang, selain enam koki yang akan menyiapkan makanan," jelas Bala.

Untuk memastikan kebersihan makanan, pemerintah juga menggunakan jasa dari beberapa pengawas sanitasi yang akan selalu memastikan bahwa lingkungan memasak bersih dan rapi.

Bala mengatakan setelah makanan disiapkan, akan didistribusikan ke semua pusat makanan melalui kantong plastik khusus.

Dia meminta para pekerja dan anggota komite menunjukkan kejujuran dan komitmen untuk memastikan keberhasilan program ini. Bala mengancam akan memberikan tindakan tegas jika ada pelanggaran.

"Program ini bertujuan untuk membantu orang yang kurang beruntung selama periode Ramadan. Jadi kami berharap mereka akan tetap dengan prinsip program, " tandas dia. (Nrm/Igw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya