Nasib 2 Remaja yang Mengira Granat Asap Aktif Hanya Mainan

Kedua remaja di Palu awalnya mengabaikan temuan granat asap di lapangan belakang rumah, tapi kemudian mereka penasaran.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Agu 2018, 16:02 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2018, 16:02 WIB
Granat Tangan di era Perang Salib yang ditemukan di Israel  (Amir Gorzalczany/Israel Antiquities Authority/AP)
Granat Tangan di era Perang Salib yang ditemukan di Israel (Amir Gorzalczany/Israel Antiquities Authority/AP)

Liputan6.com, Palu - Dua remaja menemukan sebuah benda yang mereka sangka mainan di kawasan Perumahan Korpri, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Polisi kemudian menyatakan sebagai granat asap dan masih aktif, Senin, 6 Agustus 2018.

Kapolres Palu, AKBP Mujianto menjelaskan temuan itu bermula ketika kedua remaja itu mengendarai sepeda motor dan melintas di lahan kosong Kelurahan Kawatuna, Kecamatan Mantikulore. Tepatnya, di belakang perumahan Korpri untuk bermain di rumah temannya.

Saat melintasi lahan kosong mereka, Al (14) dan Rj (13) melihat benda yang menyerupai granat. Namun, mereka hanya melewatinya.Setelah selesai bermain di rumah temannya, mereka kembali melewati lahan kosong tersebut dan melihat benda seperti granat itu.

Karena penasaran, kedua remaja itu lalu mengambil benda tersebut dan membawa ke rumah neneknya. Melihat benda tersebut, sang nenek memberitahukan bahwa benda itu adalah mainan.

Al dan Rj kemudian membawa benda itu ke rumahnya dan memberitahukan kepada orangtuanya, yakni Sofiyanto (35). Melihat benda tersebut, ia kaget dan langsung menaruh benda yang menyerupai granat tersebut di samping rumahnya.

Sofiyanto kemudian menghubungi pihak kepolisian setempat.

"Mendapatkan informasi itu, kami mendatangi dan mengamankan TKP, kemudian menghubungi satuan Brimob Polda Sulteng untuk pengamanan dan melakukan identifikasi terhadap benda tersebut," kata Kapolres, dilansir Antara.

Kemudian, pihak penjinak bom Gegana Brimob Polda Sulteng mengamankan granat serta membawanya ke Mako Brimob di Mamboro untuk ditelusuri lebih lanjut.

"Setelah diidentifikasi, benda tersebut merupakan granat jenis asap yang masih aktif," kata Kapolres.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya