Cerita Eko Dekati Presiden Jokowi Minta Jalan Keluar Rumahnya di Ujungberung

Eko Purnomo (37) mesti berjibaku agar bisa mendapatkan jalan menuju rumahnya.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 12 Sep 2018, 09:01 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2018, 09:01 WIB
Eko Purnomo
Eko Purnomo bercerita tentang melempar surat ke Jokowi untuk menemukan jalan ke rumahnha

Liputan6.com, Bandung - Eko Purnomo (37) mesti berjibaku agar mendapatkan akses jalan menuju rumahnya yang berada di RT 05 RW 06 Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung.

Eko bercerita, tahun 2017 lalu, ia menyambangi Cimahi. Saat itu Presiden Jokowi hadir dalam acara bagi-bagi sertifikat tanah ke warga. Namun, usaha Eko bertemu Presiden tak membuahkan hasil.

Perjuangan belum berhenti. Pada tahun yang sama, Jokowi kembali ke Bandung. Kali ini dalam rangka menghadiri karnaval kebudayaan. Eko nekat dan berusaha mendekat untuk melempar sepucuk surat kepada Presiden Joko Widodo.

"Pas Beliau lewat, saya lempar surat. Suratnya sekarang memang sudah enggak ada. Waktu itu ditulis tangan," kenang Eko saat ditemui di kontrakannya di kawasan Kampung Ciporea, Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Ujungberung, Selasa, 11 September 2018.

Aksi nekatnya diketahui Paspampres. Eko pun lari terbirit-birit sambil mencari lokasi persembunyian.

"Saya sampai ngumpet di toilet Dukomsel daerah Dago. Ada setengah jam saya enggak berani keluar," tuturnya.

Aksi itu adalah salah satu rangkaian perjuangan Eko mendapatkan hak atas akses jalan di rumah yang ia tempati. Berbagai cara telah ia lakukan, mulai dari mendatangi RT, RW, kelurahan, kecamatan, Dinas Tata Ruang, Badan Pertanahan Nasional (BPN), anggota dewan, partai politik, Wali kota, hingga Gubernur Jawa Barat.

Namun, keluhannya tak kunjung ditanggapi pemegang kebijakan.

"Saya minta keadilan dan kebijakan. Rumah bapak saya ada sertifikatnya, bahkan mengurusnya pakai mengeluarkan biaya sendiri bukan yang ikut program pemerintah. Saya mohon dibantu penyelesaian rumah saya," jelasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya