Jelang Vaksinasi Covid-19, Bagaimana Kesiapan Faskes dan Nakes di Kota Palu?

Pihak Dinas Kesehatan Kota Palu telah mengeluarkan surat keputusan mengenai fasilitas kesehatan untuk pemberian vaksin Covid-19. Selain itu para calon petugas pemberi vaksin tengah dilatih sebelum bertugas.

oleh Heri Susanto diperbarui 14 Jan 2021, 02:00 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2021, 02:00 WIB
petugas kesehatan di RS Undata Palu
Petugas kesehatan di RS Undata Palu membersihkan tangan usai bertugas. Rumah sakit rujukan Covid-19 di Sulteng itu menjadi salah satu Fakses untuk vaksinasi Covid-19 di Kota Palu.

Liputan6.com, Palu - Menjelang vaksinasi Covid-19 di Kota Palu, dinas kesehatan setempat telah mengeluarkan surat keputusan mengenai fasilitas kesehatan untuk pemberian vaksin Covid-19. Dinkes Palu juga telah melatih tenaga vaksinator yang bakal bertugas nantinya.

Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Kesling, Lutfiah mengatakan, surat keputusan mengenai fasilitas kesehatan (faskes) untuk vaksinasi Covid-19 tersebut sudah ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan Kota palu.

Dia merinci, nantinya akan ada 20 faskes yang bisa diakses warga penerima vaksin. Faskes itu antara lain 13 puskesmas yang tersebar di Kota Palu, sedangkan sisanya adalah rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

"Di puskesmas akan dibentuk tim vaksinasi dengan masing-masing beranggotakan 4 tenaga kesehatan yang bertugas secara bergantian," kata Lutfiah, Selasa (12/1/2021).

Tim vaksinator di puskesmas terdiri dari dokter dan perawat. Para tenaga kesehatan tersebut hingga Selasa kemarin masih menjalani pelatihan peningkatan kapasitas untuk melayani vaksinasi Covid-19. Mengenai SDM tenaga kesehatan, Lutfiah menekankan kompetensi dan keahlian menjadi syarat utama.

"Perawat yang dilibatkan harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai perawat berkompetensi," kata Lutfiah menegaskan.

Walau menyatakan telah siap dengan faskesnya, pihak Dinas Kesehatan Kota Palu sendiri belum menentukan jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19, sebab masih manunggu kepastian alokasi vaksin tahap awal untuk Kota Palu dari pemerintah provinsi Sulawesi Tengah.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:


Infografis

Infografis Vaksin Sinovac Boleh Digunakan dan Halal. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Vaksin Sinovac Boleh Digunakan dan Halal. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya