Banjir dan Longsor Landa Aceh Timur, Ratusan Orang Mengungsi

Menjelang akhir tahun, banjir terjadi di sebagian wilayah di Aceh. Simak beritanya:

oleh Rino Abonita diperbarui 08 Okt 2022, 20:30 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2022, 20:30 WIB
Banjir di Aceh Timur (Liputan6.com/Ist)
Banjir di Aceh Timur (Liputan6.com/Ist)

Liputan6.com, Aceh - Ratusan orang dilaporkan mengungsi akibat banjir yang terjadi di Aceh Timur sejak Jumat (7/10/2022). Ketinggian genangan air dilaporkan ada yang mencapai 150 sentimeter.

Otoritas setempat menyatakan bahwa air menggenang di tiga kecamatan yang totalnya terdiri dari belasan desa. Yakni, Kecamatan Pante Bidari, Bireum Bayeun, dan Nurussalam.

Sebanyak 320 jiwa warga dari Desa Blang Seunong, Kecamatan Pante Bidari, dan 2.116 jiwa dari Desa Alue Mirah, Kecamatan Indra Makmur dilaporkan mengungsi.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga menyebabkan longsor di Desa Sijudo, Kecamatan Pante Bidari. Hingga Sabtu pagi, longsor dilaporkan masih menutupi badan jalan.

"Material longsor menutupi jalan, enam tiang listrik patah," terang Staf Pusat Data dan Informasi BPBA, Haslinda Juwita, Sabtu pagi (8/10/2022).

Haslinda menambahkan bahwa di beberapa desa kondisi sempat membaik. Air surut di Desa Blang Seunong pada Jumat kemarin sebelum kembali menggenangi badan jalan dan rumah warga.

"Banjir di Kecamatan Peunaron berangsur surut. Banjir kembali terjadi pada sabtu dini hari pukul 01.32 WIB di Kecamatan Birem Bayeun dan Indra Makmur," sebut Haslinda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya