Upaya Imigrasi Gorontalo Tekan Tingkat Pengangguran Akibat Pandemi Covid-19

Bahkan pemerintah saat ini tengah giat-giatnya mempersiapkan semua itu. Berbagai inovasi pemerintah, baik itu dari Kementerian hingga pemerintah Daerah.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 27 Okt 2022, 23:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2022, 23:00 WIB
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo
Kanwil Kementrian Hukum dan Ham Gorontalo dalam hal ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo saat menemui awak media (Arfandi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Usai diterjang pademi Covid-19 kurun waktu beberapa tahun terakhir, Indonesia kini mulai mempersiapkan memasuki era baru. Era tersebut dikenal dengan endemi. Bahkan, pemerintah saat ini tengah giat mempersiapkan semua itu. Berbagai inovasi pemerintah dilakukan, baik itu dari kementerian hingga pemerintah daerah.

Salah satunya soal kemudahan investor dalam pengurusan izin Keimigrasian. Menindaklanjuti Surat Edaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Nomor IMI-0702.GR.01.01 Tahun 2022 soal mendukung peningkatan investasi asing di dalam negeri.

"Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo menyatakan kesiapan dan komitmen untuk mengimplementasikan surat edaran tersebut," kata Kepala Divisi Keimigrasian Provinsi Gorontalo Andry Indrady kepada Liputan6.com Rabu (26/10/2022).

"Ini bakal menjadi terobosan jajaran Keimigrasian Gorontalo untuk bersinergi dengan seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan di tanah serambi madinah ini," ujarnya.

Menurutnya, jika inovasi ini sejalan dengan program Presiden Jokowi, dengan percepatan layanan Keimigrasian. Khususnya bagi para investor yang ingin berinvestasi di Gorontalo.

"Pandemi berangsur-angsur bakal berubah menjadi endemi. Banyak negara yang mulai melonggarkan penerapan protokol kesehatan dan mulai terlihat peningkatan penerbangan internasional," tuturnya.

Kaitan dengan hal tersebut, minat warga negara asing untuk melakukan investasi di indonesia juga mulai bergeliat. Hal ini di diyakini bisa membengkitkan kembali ekonomi indonesia khususnya di Gorontalo.

Tingkat pengangguran yang naik saat pandemi Covid-19 mewabah, bisa berangsur-angsur pulih dengan investasi melalui inovasi ini. Tidak hanya pengangguran, Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga dipastikan naik.

"Jika ada investor dari luar, tidak hanya pengangguran yang bisa mendapatkan pekerjaan, tetapi ada PAD juga di situ," ungkapnya.

"Nah, tentu semua ini ada hubungan erat dengan pemangku kepentingan di daerah. Saya berharap ini akan berjalan sesuai dengan yang kita harapkan," katanya.

Selain itu, imigrasi Gorontalo juga mengenalkan tentang pelayanan Eazy Passport. Pelayanan tersebut merupakan permohonan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon menggunakan mobil layanan paspor keliling.

"Program ini kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan paspor kepada masyarakat Gorontalo," ia menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya