Mesranya Sepasang Kuda saat Melahap Tanaman di Taman Trotoar Kota Makassar

Padahal tanaman hias di taman trotoar itu belum lama ini ditanam.

oleh Ahmad Yusran diperbarui 15 Jan 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2023, 16:30 WIB
Sepasang kuda memakan rumput di taman trotoar Kota Makassar (Liputan6.com/Ahmad Yusran)
Sepasang kuda memakan rumput di taman trotoar Kota Makassar (Liputan6.com/Ahmad Yusran)

Liputan6.com, Makassar - Memberi makan kuda setiap hari adalah masalah yang sangat kompleks. Apalagi jika memiliki lebih dari 3 sampai 4 ekor kuda dengan usia yang berbeda.

Pemandangan menarik dan tak lazim terjadi di ruas Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (14/1/2023) sore. Di sana terlihat sepasang kuda dewasa tengah asyik melahap tanaman yang berada di taman trotoar jalan. 

Padalah rumput, tanaman hias dan pohon peneduh di trotoar tersebut baru saja ditanam oleh Pemerintah Kota Makassar yang bekerja sama dengan Yayasan Kalla Group. Penanaman itu sebagai salah satu program strategis penghijauan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

 

Tak hanya rusak karena dimakan, rumput dan tanaman merambat pun ikut rusak karena terinjak oleh kaki kuda yang sepertinya sengaja dilepas oleh tuannya, tepatnya tak jauh dari Rumah Sakit Siloam Makassar. 

Kepala Bidang Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Makassar, Azhar Anwar membenarkan adanya kejadian sepasang kuda mencari makan di taman ruas trotoar Jalan Metro Tanjung Bunga.

"Oleh karena cepatnya informasi yang dilaporkan. Saat itu juga koordinasi dengan pihak kecamatan setempat dilakukan untuk menertibkan kuda tersebut," kata Azhar Anwar kepada Liputan6.com, Minggu 16 Januari 2023.

Azhar menjelaskan pihaknya sangat menyayangkan adanya hewan peliharaan berkeliaran bebas mencari makan di fasilitas publik, apalagi pada ruang terbuka hijau. Karena bukan rahasia lagi bahwa dalam hal memberi makan kuda, bukan perkara mudah. Lahirlah argumen 'Padang Rumput Vs Pakan Komersial' yang terkenal.

"Memang benar bahwa kuda seperti halnya sapi, kambing, dan hewan lain yang sekarang dijinakkan sudah bertahan hidup selama berabad-abad. Hanya dengan memakan rerumputan dan minum air di alam liar," ucapnya

Tapi jangan salah, lanjut dia, mendasarkan nutrisi kuda pada rerumputan segar dan rumput kering untuk menghindari biaya untuk pakan komersial. Pemilik kuda harus waspada pada tanaman yang diketahui secara lokal yang dapat menjadi racun bagi kudanya.

"Dan ciri atau tanda keracunan kuda oleh makanan yang dikonsumsinya adalah, buang air besar," Azhar memungkasi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya