Daftar Air Terjun di Kabupaten Kuningan, Pilihan Wisata Murah di Jawa Barat

Air terjun di Kuningan memiliki ketinggian yang bervariatif ditambah air yang jernih sehingga cocok menjadi pilihan wisata alam murah anda

oleh Panji Prayitno diperbarui 22 Jan 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2023, 16:00 WIB
Daftar Air Terjun di Kabupaten Kuningan, Pilihan Wisata Murah di Jawa Barat
Curug bangkong salah satu wisata alam andalan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. (Istimewa)

Liputan6.com, Kuningan - Kabupaten Kuningan Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki keunggulan wisata alam. Berada di kaki Gunung Ciremai, sejumlah potensi wisata alam menjadi incaran para pengunjung menikmati waktu luang.

Lokasi air terjun di Kuningan selalu memberi sensasi indah sekaligus memberikan udara segar. Karena air terjun tersebut berada di lereng gunung tertinggi Jawa Barat yakni gunung Ciremai.

Untuk bisa masuk ke destinasi wisata air terjun di Kuningan tidak perlu merogoh kocek mahal. Tiket masuk ke lokasi wisata air terjun di Kuningan tergolong murah dan terjangkau.

Air terjun di Kuningan memiliki ketinggian yang bervariatif ditambah air yang jernih. Sehingga cocok menjadi pilihan untuk berlibur dengan keluarga maupun orang-orang yang dicintai.

Berikut deretan air terjun di Kuningan Jawa Barat dirangkum dari berbagai sumber:

Air Terjun Cikahuripan

Air terjun yang satu ini terbilang cocok bagi anda, karena tempat ini terbilang bisa menghilangkan hiruk pikuk kegiatan sehari-hari dengan udara segar yang ditawarkannya.

Memang untuk mencapai air terjun yang satu ini anda dituntut untuk lebih ekstra karena tempatnya terbilang masih tersembunyi dan masih sepi dari pengunjung.

Untuk bisa masuk ke air terjun yang satu ini anda hanya butuh mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 untuk satu orang. Lokasinya pun berada di Jalan Cikahuripan, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan.

Air Terjun Putri Palutungan

Untuk bisa mencapai air terjun yang satu ini anda tidak perlu kesulitan, karena secara akses untuk mencapai air terjun Putri sudah termasuk mudah.

Air terjun ini masih dikelilingi oleh pohon pinus sehingga menciptakan udara yang segar ditambah air yang ada dilokasi destinasi ini masih sangat jernih.

Bukan hanya jernih, suhu air di air terjun putri ini terbilang dingin sehingga membuat anda lebih betah berlama-lama saat berada disana.

Untuk tiket masuk sendiri anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000/orang yang lokasinya berada di Jalan Palutungan Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Air Terjun Landung

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun yang satu ini selalu terbilang berkesan karena dilokasi air terjun ini selain bisa menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga bisa memilih sejumlah hotspot untuk berswafoto karena disejumlah tempat disediakan spot foto yang instagrameble.

Letaknya berada di kaki gunung Ciremai dengan ketinggian yang cukup tinggi menambah eksotisme air terjun Landung. Air yang jernih ditambah bebatuan yang menjulang menambah keindahan air terjun Landung.

Sehingga tidak sedikit wisatawan dari luar kota banyak berkunjung ke air terjun Landung untuk menikmati Keindahan alamnya. Lokasinya berada di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Untuk masuk ke air terjun Landung pengelola setempat hanya mengenakan tarif Rp 10.000/orang.

Air Terjun Cisurian

Anak-anak pecinta alam tentunya sudah tidak asing dengan air terjun yang satu ini. Mengapa demikian, karena air terjun ini berlokasi tidak jauh dari bumi perkemaham dan akses untuk menuju kesana terbilang muda

Selain itu, harga tiket untuk masuk ke lokasi air terjun yang satu ini terbilang murah dibandingkan dengan harga tiket air terjun lainnya yang berada di Kabupaten Kuningan.

Wisatawan hanya dikenakan tarif Rp 5.000/orang dan alamat untuk menuju air terjun ini berada di Jalan Sukamukti, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan

Air Terjun Winujati

Air terjun yang satu ini bagaikan berlian yang tersembunyi yang memang tidak banyak orang mengetahui keberadaan air terjun Winujati.

Deburan air yang meluncur dari atas ditambah bebeatuan disekitarnya, menjadikan Air Tejun Winujati sangat cocok menjadi tempat untuk bersantai bagi anda pecinta alam.

Namun untuk mencapai ke lokasi anda membutuhkan tenaga ekstra mengingat akses untuk menuju air terjun yang satu ini masih terbilang cukup sulit.

Air terjun ini berlokasi di Jalan Sumberjaya-Ciwaru, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Kuningan. Untuk harga tiket masuknya anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 dan bisa menikmati sejuknya air terjun Winujati.

Air Terjun Cigalagah

Dibandingkan dengan air terjun lainnya yang berada di Kabupaten Kuningan, perlu diakui jika air terjun yang satu ini memang tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Dengan pesona muka air terjun yang cukup lebar dan memiliki ketinggian yang cukup mencenangkan, membuat air terjun yang satu ini cukup layak anda kunjungi.

Air terjun ini berlokasi di Desa Sukarapih, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan.

Air Terjun Luhur

Bagi anda yang pertama kali mengunjungi air terjun ini pasti akan dibuat terkejut betapa indahnya kekayaan alam Kuningan.

Pasalnya air terjun yang satu ini memiliki turunan beberapa lompatan untuk air sebelum terjun ke permukaan terendahnya.

Memang jarang sekali terekspos air terjun yang satu ini, namun apa salahnya bisa luangkan waktu untuk bisa menikmati deburan air yang dihasilnya dari air terjun ini.

Air terjun ini berlokasi di Desa Padahurip, Kecamatan Salajambe, Kabupaten Kuningan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya