Pertamina Pastikan Stok BBM, LPG, dan Avtur di Sumut Aman Saat Imlek

Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan stok dan penyaluran BBM, LPG, Avtur, di Sumatera Utara (Sumut) aman saat perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

oleh Reza Efendi diperbarui 22 Jan 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2023, 11:59 WIB
Pertamina
Ilustrasi - Pengsian BBM kendaraan

Liputan6.com, Medan Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan stok dan penyaluran BBM, LPG, Avtur, di Sumatera Utara (Sumut) aman saat perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

Hal tersebut diungkapkan Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Susanto August Satria, Sabtu, 21 Januari 2023.

"Kami terus melakukan koordinasi baik secara internal dan eksternal agar stok dan penyaluran BBM, LPG dan Avtur saat Imlek berjalan lancar dan aman," kata Satria.

Dipaparkannya, saat ini rata-rata harian penyaluran BBM jenis Gasoline di Sumut adalah sebesar 4.793 Kilo Liter (KL) per hari. Adapun BBM jenis Gasoil adalah sebesar 3.610 KL per hari.

Pihaknya juga memastikan sarfas Fuel Terminal, Integrated Terminal, Depot LPG dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) beroperasi secara normal dan optimal dalam mengantisipasi peningkatan konsumsi energi di masyarakat.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Konsumsi Avtur

Pertamina Tetap Siagakan Stok Avtur Seluruh Bandara di Wilayah Jawa Bagian Tengah.
Ilustrasi - Pertamina Tetap Siagakan Stok Avtur Seluruh Bandara di Wilayah Jawa Bagian Tengah.

Berkaitan dengan avtur di Sumut, Satria menjelaskan, selama masa Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) terjadi peningkatan sebesar 37 persen atau rata-rata penyaluran harian sebesar 286,3 KL menjadi 393,6 KL.

Diproyeksikan jelang dan saat perayaan Tahun Baru Imlek akan terjadi kenaikan konsumsi Avtur di Sumut, dan Pertamina Patra Niaga Sumbagut memastikan sarfas siap untuk mengantisipasi kenaikan demand (permintaan) tersebut.

"Semua dipersiapkan untuk antisipasi saat Imlek. Sebab, konsumsi bahan bakar pesawat terbang, Avtur, meningkat hingga 37 persen selama periode libur Nataru kemarin," sebutnya.


Aplikasi MyPertamina

Uji Coba Beli Pertalite Pakai MyPertamina
Warga menunjukan aplikasi MyPertamina saat mengisi bahan bakar pertalite di SPBU Pertamina Abdul Muis, Jakarta, Kamis (30/6/2022). PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, akan melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar secara terbatas bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem MyPertamina, mulai 1 Juli mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) berkomitmen terus memantau penyaluran BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar tepat sasaran yang disalurkan PT Pertamina (Persero). Utamanya yang dilakukan melalui aplikasi MyPertamina.

Kepala BPH Migas, Erika Retnowati menjelaskan, MyPertamina merupakan aplikasi yang diluncurkan dalam rangka program digitalisasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Penggunaan MyPertamina dimaksudkan untuk memastikan proses penyaluran BBM subsidi benar-benar tepat sasaran.

"BPH Migas akan melakukan monitoring implementasi full cycle subsidi tepat pada SPBU yang berada di kabupaten/kota yang menjadi program pelaksanaan uji coba," kata Erika pada kegiatan media visit EMTEK Group, dikutip Rabu, 18 Januari 2023.

Menurut catatan BPH Migas, ada sebanyak 3.384.428 kendaraan yang telah mendaftar di platform MyPertamina, dengan 3.383.647 kendaraan sudah terverifikasi, dan 203 lainnya belum terverifikasi.


Mayoritas Konsumen Pertalite

FOTO: Harga Pertalite Turun Setara Premium Jadi Rp 6.450 per Liter
Petugas SPBU mengisi bahan bakar jenis pertalite kepada pengguna sepeda motor di Pamulang, Tangerang Seatan, Banten, Senin (21/9/2020). Pertamina memberi diskon harga BBM jenis pertalite di Tangerang Selatan dan Bali, dari Rp 7.650 menjadi Rp 6.450 per liter. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Untuk yang sudah terverifikasi, mayoritas merupakan konsumen Pertalite sebanyak 2.280.612 kendaraan. Sedangkan 1.103.234 kendaraan lainnya merupakan pengguna Solar subsidi.

Secara implementasi, PT Pertamina Patra Niaga juga telah melakukan uji coba penerapan platform MyPertamina dalam pembelian Solar subsidi di 34 kota/kabupaten. Tujuannya, untuk membatasi angka konsumsi sekaligus menghindari aksi oknum-oknum penimbun.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya