ETLE Drone Bakal Pantau Arus Mudik Idul Fitri 2023 di Banten

ETLE Drone diuji coba oleh Ditlantas Polda Banten. Mereka menargetkan tilang elektronik menggunakan pesawat nirawak bisa digunakan saat mudik Idul Fitri 2023 yang tersisa sekitar dua bulan lagi.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 13 Feb 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2023, 22:00 WIB
Personel Ditlantas Polda Banten Uji Coba ETLE Drone Jelang Mudik Idul Fitri 2023. (Senin, 13/02/2023). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).
Personel Ditlantas Polda Banten Uji Coba ETLE Drone Jelang Mudik Idul Fitri 2023. (Senin, 13/02/2023). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Liputan6.com, Serang - ETLE Drone diuji coba oleh Ditlantas Polda Banten. Mereka menargetkan tilang elektronik menggunakan pesawat nirawak bisa digunakan saat mudik Idul Fitri 2023 yang tersisa sekitar dua bulan lagi.

Pengendara motor yang tidak memakai helm, sopir dan penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman, bakal ditilang oleh ETLE Drone. Surat tilang akan dikirim sesuai alamat STNK kendaraan yang melanggar.

"Uji coba ETLE drone ini sudah disaksikan langsung oleh Pak Kapolda, Wakapolda, PJU Polda Banten, berjalan lancar," ujar Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Firman Darmansyah, Senin (13/02/2023).

Sementara ini, Ditlantas Polda Banten baru mengoperasikan tiga drone ETLE yang dikendalikan oleh personelnya. Tilang menggunakan pesawat nirawak ini menyasar lokasi yang tidak terpasang kamera tilang elektronik statis yang baru ada tujuh titik di wilayah hukum Polda Banten.

Kemudian, membantu tugas ETLE mobile yang baru ada satu unit dan bertugas keliling di wilayah hukum Polda Banten. Dia optimis personelnya segera bisa mengoperasikan ETLE Drone untuk penegakan hukum pelanggar lalu lintas.

"ETLE drone ini akan menuju ke titik yang tidak tersentuh, dan itu nanti bisa melakukan mobilisasi penegakan hukum," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Urai Macet Mudik Idul Fitri 2023

ETLE Drone Bantu Urai Macet Mudik Idul Fitri Di Sekitar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. (Senin, 13/02/2023). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).
ETLE Drone Bantu Urai Macet Mudik Idul Fitri Di Sekitar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. (Senin, 13/02/2023). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Kombes Pol Firman Darmansyah menargetkan ETLE Drone bisa digunakan saat arus mudik Idul Fitri 2023, untuk membantu kelancaran lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Dirlantas Polda Banten itu menerangkan kalau ETLE Drone tidak hanya berfungsi menilang pelanggaran lalu lintas, tapi juga memeriksa titik kemacetan guna memperlancar arus kendaraan.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan, bisa membantu penegakan hukum jika terjadi kejahatan jalanan dan kecelakaan lalu lintas.

"ETLE mobile drone ini juga akan bermanfaat untuk memberitahu polisi yang sudah tergelar untuk mendatangi pusat macet. Jadi ETLE mobile drone, bukan hanya penegakan hukum, tapi juga antisipasi kemacetan, laka lantas dan lain-lain, terutama di operasi ketupat. Saat ini kita uji coba tiga unit dulu," jelasnya.


Polreta Tangerang dan Polres Lebak Kembangkan ETLE Drone

Kapolda dan Wakapolda Banten Mengecek ETLE Drone. (Senin, 13/02/2023). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).
Kapolda dan Wakapolda Banten Mengecek ETLE Drone. (Senin, 13/02/2023). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Saat ini, ada Polresta Tangerang dan Polres Lebak yang mengembangkan ETLE Drone dibantu oleh Polda Banten dan Korlantas Polri. Sedangkan polres lainnya, nanti akan dibantu pengoperasiannya ETLE Drone oleh Ditlantas Polda Banten.

"Nanti kita akan berikan asistensi polres-polres. Kami harap semua polres dibawah Polda Banten ini, nanti sebelum lebaran semuanya sudah memiliki ETLE mobile drone," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya