Tiba di Lokasi Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi, Tim Evakuasi Sebut Terhambat Faktor Cuaca

Tim evakuasi jalur darat yang dipimpin oleh Kapolres Kerinci, AKBP Patria Yuda Rahadian telah tiba di lokasi kecelakaan helikopter rombongan Kapolda Jambi.

oleh Udin AS diperbarui 20 Feb 2023, 20:59 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2023, 20:58 WIB
Tim darat saat menemukan titik koordinat helikopter jatuh dan Kapolda Jambi yang menjadi korban.
Tim darat saat menemukan titik koordinat helikopter jatuh dan Kapolda Jambi yang menjadi korban. (Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Tim evakuasi jalur darat yang dipimpin oleh Kapolres Kerinci, AKBP Patria Yuda Rahadian telah tiba di lokasi kecelakaan helikopter rombongan Kapolda Jambi.

Namun, evakuasi belum dapat dilakukan karena faktor cuaca di kawasan hutan Tamiami, Muara Empat Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Sebanyak 20 orang tim evakuasi gabungan jalur darat dan udara dikabarkan telah tiba di lokasi kecelakaan.

Menurut Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto tim evakuasi terkendala oleh faktor cuaca.

"Tim evakuasi jalur darat ini dipimpin langsung Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian sudah tiba di lokasi namun evakuasi belum bisa dilakukan karena faktor cuaca," kata Mulia Prianto, dikutip dari Antara, Senin (20/2/2023).

Tim evakuasi ini diikuti oleh Kapolres Kerinci, anggota Yon B Satbrimob Polda Jambi, TNI, tenaga medis, Basarnas serta warga setempat dan persatuan motor trail Kerinci.

Rombongan evakuasi jalur darat sudah sampai di lokasi sejak Minggu kemarin. Sedangkan tim SAR gabungan evakuasi jalur udara sudah tiba lebih dulu di titik lokasi bersama tim medis untuk melakukan penangan terhadap Kapolda Jambi beserta rombongannya.

Korban kecelakaan helikopter tersebut diantaranya, Kapolda Jambi dan tujuh orang lainnya gagal dievakuasi menggunakan helikopter. Mengingat cuaca hujan petir di lokasi perbukitan Kerinci pada Senin. Sehingga menjadi kendala cukup besar bagi tim evakuasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tim Evakuasi Terkendala Masalah Cuaca

"Meski tim evakuasi jalur udara sudah melakukan upaya hingga dua kali tetap tidak mampu mengevakuasi korban," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedy Prasetyo saat konferensi pers di Jakarta.

Lantaran hari sudah menjelang gelap maka kegiatan evakuasi terpaksa dilanjutkan pada keesokan hari, Selasa dan meski demikian, tim SAR dengan personel medis yakni dua orang dokter spesialis sudah bisa diturunkan di lokasi dan memberikan pertolongan pertama serta penanganan luka terhadap korban.

Personel SAR bisa diturunkan ke lokasi dari helikopter yang masih mengudara pada pukul 13.00 WIB menggunakan teknik rappeling.

"Tim medis akan bermalam di lokasi mendampingi korban hingga dievakuasi," katanya.

Sejauh ini informasi yang didapatkan, Kapolda Jambi mengalami cedera patah tangan dan sebelumnya, tim SAR jalur udara sudah menemukan Kapolda Jambi beserta rombongan pada Senin pagi dengan menurunkan personel dan memberikan bantuan logistik berupa makanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya