Peluang, Tantangan hingga Risiko Kuliah Sambil Menjalankan Bisnis

Banyak mahasiswa yang memanfaatkan kesempatan untuk mencari penghasilan tambahan dengan berbisnis

oleh Panji Prayitno diperbarui 15 Mei 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2023, 13:00 WIB
Peluang, Tantangan Hingga Resiko Kuliah Sambil Menjalankan Bisnis
Ilustrasi Belanja Online, e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa membuka usaha atau bisnis kecil menjadi salah satu fenomena yang marak terjadi di Indonesia.

Banyak mahasiswa yang memanfaatkan kesempatan untuk mencari penghasilan tambahan dengan berbisnis. Tidak sedikit juga mereka sukses kuliah sambil bisnis.

Bisnis yang dijalankan pun beragam, mulai dari menjual produk kecantikan hingga layanan jasa. Menjadi mahasiswa menjalankan bisnis tentu memiliki tantangan tersendiri. 

Sebagai mahasiswa, tugas kuliah dan lainnya seperti organisasi atau kegiatan sosial juga harus dilakukan. Namun, hal tersebut tidak menjadi alasan bagi mahasiswa untuk tidak berbisnis. 

Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa mahasiswa sukses mengembangkan bisnisnya hingga mendapatkan penghasilan yang besar.

Salah satu keuntungan menjadi mahasiswa berbisnis adalah memiliki waktu fleksibel untuk mengatur waktu kerja. 

Mahasiswa dapat mengatur jadwal kuliah dan waktu bisnisnya agar tidak saling bertabrakan. Selain itu, mahasiswa juga memiliki akses ke pasar yang cukup besar. 

Mahasiswa dapat memanfaatkan jejaring dan komunitas kampusnya untuk memasarkan produk atau layanan yang dijual.

 


Peluang dan Risiko

Namun, menjadi mahasiswa berbisnis juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. Risiko tersebut antara lain mengalami kelelahan akibat padatnya aktivitas kuliah dan bisnis, atau terlalu fokus pada bisnis sehingga mengesampingkan tugas kuliah. 

Oleh karena itu, mahasiswa yang berbisnis perlu pintar dalam mengatur waktu dan mengambil keputusan yang tepat.

Selain itu, penting juga bagi mahasiswa untuk memiliki visi dan misi yang jelas dalam berbisnis. Dengan memiliki visi dan misi yang jelas, mahasiswa dapat membangun bisnis yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

Mahasiswa, disarankan harus memperhatikan aspek keberlanjutan dan tanggung jawab sosial dalam menjalankan bisnis.

Menjadi mahasiswa berbisnis memang memiliki tantangan dan risiko tersendiri. Namun memberi peluang yang besar untuk berkembang dan meraih kesuksesan. 

Penting bagi mahasiswa yang ingin berbisnis memperhatikan aspek yang perlu diperhatikan dan mengambil keputusan yang tepat agar bisa menjalankan bisnis dengan baik.

Penulis: Belvana Fasya Saad

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya