Geger Penampakan Buaya di Dam Duriangkang Batam, Warga Diminta Hati-Hati

Ditengarai buaya di Dam Duriangkang Batam lebih dari satu.

oleh Ajang Nurdin diperbarui 01 Agu 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2023, 19:00 WIB
Buaya di Batam
Penampakan buaya besar di areal DAM Duriangkang, Kota Batam, membuat heboh warga sekitar. (Liputan6.com/ Ajang Nurdin)

 

Liputan6.com, Batam - Penampakan buaya besar di areal Dam Duriangkang, Kota Batam, membuat heboh warga sekitar. Merespons hal itu, BP Batam melalui Kepala Subdit Pengamanan Aset dan Objek Vital Ditpam BP Batam, AKBP SA Kurniawan, mengimbau warga yang beraktivitas di sekitar danau untuk waspada.

"Berita tersebut (kemunculan buaya) memang benar adanya. Untuk penanganan buaya yang muncul, Ditpam tidak memiliki tim khusus. Tapi, untuk patroli sudah kami lakukan tiap waktu," ujar Kurniawan kepada Liputan6.com, Selasa (1/8/2023).

Kurniawan mengakui kemunculan buaya di Dam Duriangkang menjadi sangat sering. Bahkan, jumlah buaya di lokasi tersebut ditengarai tidak hanya satu.

"Kelihatannya dari video yang beredar saat ini, itu penampakan anak buaya. Pasti ada induknya dan buaya jantan juga diperkirakan ada di sana. Kemungkinan mereka berkembang biak dan jumlahnya menjadi banyak," tuturnya.

BP Batam sendiri, kata Kurniawan, telah memasang sejumlah plang peringatan di tiap titik rawan kemunculan buaya, agar warga lebih waspada.

Plang tersebut berisikan imbauan agar warga tidak berenang, memancing, atau melakukan aktivitas lainnya sehingga dapat membahayakan diri sendiri.

"Plang imbauan itu sudah terpasang di STTR Dam Duriangkang. Kami juga sudah mengimbau warga secara langsung untuk terus berhati-hati. Biasanya, kami juga selalu berkoordinasi dengan BKSDA jika ada laporan terkait kemunculan buaya di sekitar DAM," ujarnya.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya