Profil hingga Karir David De Gea, Kiper Asal Spanyol dengan Segudang Penghargaan

De Gea adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia dan telah membuktikan dirinya sebagai pilar utama tim-tim besar.

oleh Panji Prayitno diperbarui 01 Agu 2023, 16:27 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2023, 16:15 WIB
Profil Hingga Karir David De Gea, Kiper Asal Spanyol Dengan Segudang Penghargaan
Kiper Manchester United David de Gea. (CRISTINA QUICLER / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - David De Gea Quintana adalah salah satu penjaga gawang atau kiper berbakat asal Spanyol

Pria yang akrab disapa David De Gea ini lahir pada 7 November 1990 di Madrid. Karirnya di dunia sepak bola membawa klub yang dibelanya berkinerja lebih baik.

De Gea adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia dan telah membuktikan dirinya sebagai pilar utama tim-tim besar di level klub dan internasional. 

Selama waktunya di Manchester United, De Gea membuat lebih dari 500 penampilan dan memenangkan satu gelar Liga Premier, satu Piala FA, dua Piala Liga, tiga Community Shield, dan Liga Eropa UEFA. 

Selama tiga musim berturut-turut dari 2013–2014, kemudian 2015–2016, dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun Ini Sir Matt Busby United. Pemain pertama dalam sejarah yang memenangkan penghargaan berturut-turut.

Untuk empat PFA Teams of the Year berturut-turut (total lima) dari 2015 hingga 2018. Pada 2018, ia mendapat penghargaan di FIFA FIFPro World11. 

De Gea meninggalkan MU setelah kontrak habis pada 2023. De Gea juga sempat menjadi salah satu tim U-17 Spanyol memenangkan European Championship 2007, dan finis di urutan kedua di World Cup 2007.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Karir De Gea

Karir Klub

David De Gea memulai karir profesionalnya di Atletico Madrid, salah satu klub terkenal di Spanyol. Ia tampil mengesankan di Atletico dan membantu timnya memenangkan UEFA Europa League pada tahun 2010.

Pada tahun 2011, ia bergabung dengan klub raksasa Inggris, Manchester United. Di Old Trafford, De Gea tampil luar biasa dan dengan cepat mencatatkan dirinya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Liga Inggris. 

Selama waktunya di Manchester United, ia telah mengalami banyak momen gemilang, termasuk membantu tim meraih gelar Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Liga Europa. 

Prestasi Individu

David De Gea telah menerima berbagai penghargaan individu selama karirnya. Ia beberapa kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Manchester United dalam berbagai musim. 

Ia juga sering masuk dalam tim terbaik Liga Primer Inggris dan sering menjadi salah satu nominator untuk Penghargaan Pemain Terbaik PFA (Professional Footballers' Association).

Karir Internasional

De Gea merupakan bagian dari tim nasional Spanyol sejak tingkat junior hingga senior. Ia menjadi pilihan utama di pos penjaga gawang.

Ia telah mewakili Spanyol di berbagai turnamen besar, termasuk Piala Dunia FIFA dan Kejuaraan Eropa UEFA.

Gaya Bermain

David De Gea dikenal karena refleksnya yang cepat dan kemampuannya untuk melakukan penyelamatan luar biasa. Ia juga sangat baik dalam mengantisipasi pergerakan lawan dan memiliki kualitas distribusi bola yang sangat baik.

David De Gea adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia, dengan karir yang mengesankan di klub dan timnas Spanyol. Kualitasnya dalam menghadapi tekanan tinggi dan menghasilkan penyelamatan spektakuler telah menjadikannya ikon bagi banyak penggemar sepak bola. 

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya