Kondisi Terkini Menko Luhut di Singapura, Rencana Balik ke RI

Baru-baru ini kondisi Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan mulai membaik. Luhut diharapkan bisa segera pulang ke Indonesia.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 30 Okt 2023, 14:09 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2023, 14:09 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Diam-diam Luhut Binsar Pandjaitan memantau gejolak pemilu 2024 dari Singapura. Ia menyinggung para peserta Pilpres dari Mahfud MD hingga Prabowo-Gibran. (Foto: Dok. Instagram @luhut.pandjaitan)

Liputan6.com, Bandung - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat ini tengah menjalani proses pemulihan di Singapura. Diketahui pria berusia 76 tahun tersebut ingin segera kembali ke Indonesia namun masih memerlukan waktu istirahat.

Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan jika Menko Luhut memerlukan waktu istirahat. Terutama beban kerjanya yang harus dikurangi sehingga tidak terlalu bekerja keras.

“Memang dari dokter, Pak Luhut diharapkan tidak terlalu bekerja keras, jadi harus agak diturunkan sementara. Itu yang perlu dilakukan oleh Pak Luhut sehingga ya lebih baik istirahat dulu,” ujarnya mengutip dari Antara.

Adapun saat ini kondisi Luhut menunjukan adanya pemulihan kesehatan yang baik terutama kemampuan otot untuk berjalan dan duduk. Pada satu hingga dua minggu ini Luhut juga disebutkan sudah bisa mulai keluar rumah sakit terutama untuk mengisi jadwal rutin latihan untuk kebugaran.

“Sampai dengan saat ini proses baik ya. Untuk penyakit ini secara umum Pak Luhut perbaikannya sudah terhitung sangat baik. Kemarin sudah mulai keluar, jalan, lihat, sudah mulai duduk, sudah mulai berlatih. Mohon doa dari semuanya supaya bisa segera kembali pulih,” ujarnya.

Terkait kabar kepulangannya ke Indonesia, Maruli mengatakan bahwa Menko Luhut masih menjalani perawatan di Singapura. Pihaknya mengatakan jika kondisi terus membaik, Luhut akan pulang dalam satu atau dua minggu ke depan.

“Saya pikir mungkin satu minggu dua minggu ini sudah bisa mulai bisa di luar, mudah-muhdan ya kalau ini proses baik semua,” tuturnya.


Sering Membagikan Kabar di Instagram

Presiden Jokowi akan meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh Selasa (2/10/2023).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Presiden Jokowi akan meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh Selasa (2/10/2023). (Liputan6.com/Tira Santia)

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan juga sering membagikan kabarnya melalui media sosial Instagram resmi yaitu @luhut.pandjaitan. Sebelumnya Luhut juga telah membagikan bagaimana dirinya memutuskan untuk menjalani pemulihan di Singapura.

Sore ini saya memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kesehatan saya,” tulisnya pada Selasa (10/10/2023).

Kemudian, pada Sabtu (28/10/2023) di Hari Sumpah Pemuda Luhut kembali membagikan kabarnya di media sosial Instagramnya. Ia bahkan turut membagikan pesan kepada anak-anak muda Indonesia di momen peringatan Sumpah Pemuda tersebut.

Sebagai generasi tua, saya ingin menyampaikan pesan sebagai seorang senior yang juga pernah mengalami masa muda. Jika engkau punya ‘privilege’, ambillah kesempatan untuk terus men-challenge dirimu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selama yang engkau kerjakan untuk membangun bangsa dan negara ke arah yang lebih baik, lakukanlah,” tulisnya.


Ungkapkan Kerinduan dalam Bekerja

Menko Luhut Resmikan PLTS di Bali untuk Perkuat G20 dalam Transisi Energi Terbarukan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan sambutan saat Peresmian PLTS Atap Pabrik Danone - Aqua Mambal di Badung, Bali, Rabu (31/8/2022). Acara tersebut kolaborasi antara PLN dan PT Tirta Investama guna mendukung energi hijau serta rangkaian memperkuat pelaksanaan G20 dalam transisi energi berkelanjutan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Melalui unggahan yang sama Luhut membagikan sebuah video yang menuturkan jika ia rindu bekerja. Serta menjelaskan bagaimana program-programnya ketika ia masih dalam masa pemulihan.

Wah, super kangen lah. Apa yang terjadi sekarang kan sudah bagus,” ujarnya.

Selain itu Luhut juga menjawab pertanyaan terkait isu jika dirinya akan mundur dari jabatannya yang sekarang. Luhut menyampaikan bahwa ia tidak akan mundur dan akan tetap loyal hingga saat terakhir.

Saya tidak akan pernah mundur dari Pak Jokowi. Saya akan tetap loyal pada Pak Jokowi sampai saat terakhir dia mungkin sudah tidak membutuhkan saya dan karena saya anggap Pak Jokowi ini seorang komandan yang patut didukung at all cost oleh siapapun kalau dia masih punya karakter untuk Republik ini,” pungkasnya.

Luhut juga turut ditanya hal-hal terpenting apa yang perlu dilanjutkan dalam pemerintahan berikutnya. Ia menjawab bahwa program-program berikutnya jangan sampai dimulai dari awal kembali.

Ya itu tadi, hilirisasi. Ya tentu perlu penyempurnaan di sana sini tapi itu satu program yang jangan dimulai dari nol lagi. Jangan dimulai dari nol karena banyak tad hilirisasi yang dilakukan baik dalam bidang,” ujarnya.


Profil Luhut Binsar Pandjaitan

20160517- Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan-Jakarta- Herman Zakharia
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan saat wawancara khusus di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (17/5) Luhut berbagi cerita tentang masalah komunis, Poso dan pemilihan Ketua Partai Golkar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Luhut Pandjaitan saat ini dikenal sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves). Luhut lahir pada 28 September 1947 di Simanggala, Tapanuli, Sumatera Utara.

Diketahui istri dari Luhut adalah Devi Boru Simatupang dan mempunyai empat anak yaitu Paulina Panjaitan, David Panjaitan, Paulus Panjaitan, dan Kerri Panjaitan. Masyarakat Indonesia mengenal Luhut sebagai menteri segala bidang.

Hal tersebut muncul karena ia pernah menduduki jabatan di berbagai bidang berlainan meskipun Luhut mempunyai latar belakang militer. Ia pernah menjabat menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, dan Menteri Perdagangan.

Sebelum menjadi menteri Luhut pernah mendapatkan promosi pangkat Jenderal bintang tiga ketika ia dipercaya menjadi Komandan Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat di Bandung. Kemudian saat menjabat menjadi menteri ia dianugerahi pangkat jenderal berbintang empat purnawirawan.

Luhut juga menerima penghargaan Adimakayasa yaitu penghargaan terhormat di Akademi Militer selepas pendidikan dari Akademi Militer dengan pangkat letnan dua. Luhut langsung bekerja di Kopassus dan pernah menjabat menjadi Komandan Pusat Pendidikan Kopassus di Batujajar, Bandung.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya