Penyakit Pancaroba Mengintai, Ini 5 Cara Pencegahannya

Asal tahu saja, saat musim pancaroba, tubuh dipaksa untuk terus beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 18 Nov 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2023, 16:00 WIB
Musim pancaroba membuat tubuh rentan terhadap penyakit
Musim pancaroba cenderung membuat tubuh rentan terkena penyakit. (pexels.com/@gustavo-fring)

Liputan6.com, Yogyakarta - Pancaroba telah tiba, cuaca yang tidak tentu membuat fisik rentan terhadap penyakit seperti Flu, Batuk, Influenza, Diare, demam berdarah, hingga penyakit-penyakit lainnya.

Untuk itu menjaga kesehatan adalah yang wajib dilakukan selama pancaroba. Asal tahu saja, saat musim pancaroba, tubuh dipaksa untuk terus beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu.

Ini mengakibatkan tubuh akan mengalami penurunan imun, sehingga mudah diserang penyakit pancaroba.

Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan saat pancaroba? Berikut dikutip dari berbagai sumber, cara mencegah penyakit  pancaroba.

1. Menjaga kebersihan dan lingkungan

Poin pertama adalah yang hal penting untuk dilakukan. Sebab penyebab penyebaran kuman penyakit lebih cepat di lingkungan yang kotor, apalagi di musim pancaroba.

Caranya dengan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setiap sebelum makan dan sesudah makanan, setelah buang air kecil atau buang air besar.

Kemudian tutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin, bersihkan barang dan perabot rumah tangga pakai disinfektan.

 


Olahraga Rutin

2. Olahraga Rutin

Berolahraga secara rutin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan stamina. Ini akan membuat tubuh lebih kuat saat melawan virus penyebab penyakit.

Setidaknya, lakukan olahraga dengan intensitas sedang sekitar 150 menit per pekan. Misalnya jalan cepat, bersepeda, atau berenang. Bisa juga dengan berlari atau skiping.

3. Tidur Teratur dan Cukup

Untuk menjaga imun tubuh tetap kuat, tidur cukup dan teratur bisa diterpkan. Dalam sejumlah penelitian, waktu tidur bisa memperkuat kekebalan alami tubuh.

Untuk dewasa, waktu tidur minimal 7 jam setiap malamnya. Dengan catatan, tempat tidur yang digunakan juga harus dalam keaadan bersih.

4. Mengelola Stres

Stress bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Stress dengan jangka panjang bisa meningkatkan risiko gangguan fungsi kekebalan tubuh, untuk itu harus dikelola dengan baik.

Beberapa cara untuk mengelola stress antara lain olahraga, melakukan hobi, yoga, dan meditasi.

5. Berhenti Merokok dan Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mulailah dengan berhenti merokok dan membatasi minum minuman berarkohol. Pasalnya dua kebiasaan itu bisa mengurangi kekebalan tubuh saat melawan infeksi.

Bahkan merokok bisa memperburuk penyakit infeksi akibat virus maupun bakteri, seperti penyakit pneumonia, flu, dan TBC.

(Taufiq Syarifudin)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya