Gim Star Trek Terbaik dari Masa ke Masa

Penggemar Star Trek sering kali memainkan gim yang hanya sekilas mirip dengan franchise tersebut.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 16 Jan 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2024, 20:00 WIB
Wow, Gedung Kantor `Star Trek` Ini Bernilai Rp 1 Triliun
Siapa sangka gedung megah perkantoran `Star Trek` ini milik perusahaan developer game asal Tiongkok

Liputan6.com, Yogyakarta - Pencinta film Star Trek memang bukan suatu hal yang mudah, mengapa demikian? Karena secara historis gim Star Wars bisa disebut lebih banyak diproduksi dengan berbagai genre, berbanding terbalik dengan Star Trek.

Bahkan, ada di antaranya gim Star Trek tidak lagi tersedia secara legal untuk dibeli di pasaran. Hal ini pun membuat penggemar Star Trek sering kali memainkan gim yang hanya sekilas mirip dengan franchise tersebut.

Berikut adalah gim Star Trek yang bisa dimainkan.

1. Star Trek: 25th Anniversary/Star Trek: Judgement Rites (1992/1993)

Gim ini dibuat pada medio 1992 dan 1993, di mana masa-masa itu adalah masa keemasan bagi Star Trek. Saat itu banyak penggemar dari gim ini, lantaran disebut-sebut sebagai salah satu penanda kemajuan zaman.

Gim ini dibuat dengan cukup bagi, tidak ada gim Star Trek lain yang pernah menangkap gaya abadi dari era seri asli Star Trek seperti yang dilakukan oleh gim ini.

Dan itulah yang menjadi nilai jual terbesar gim ini. Antara dialog, visual, dan rasa petualangan yang murni, gim ini memiliki cara unik dan ampuh untuk segera menikmati keseruan Star Trek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Star Control II (1992)

2. Star Control II (1992)

Star Control dibesut oleh Toys for Bob. Gim ini dibuat berdasarkan fiksi ilmiah PC terbaik dalam gaya Star Trek. Namun, dalam gim ini, fokus utama dari pengembang adalah alur cerita atau naratif alih-alih menjadi gim strategi yang intens seperti terdahulunya.

Para pemain yang bermain Star Control II dapat merasakan sensasi berpetualangan di galaksi melalui alur cerita yang menarik. Hanya sedikit gim fiksi ilmiah yang menawarkan banyak naratif.

Gim ini bahkan disebut-sebut bukan saja salah satu game “mirip Star Trek” terbaik yang pernah ada, tetapi juga salah satu game PC terbaik yang pernah dibuat.

3. Star Trek Daring (2010)

Star Trek Online telah mendapatkan banyak perbaikan sejak debutnya. Meski dinilai tak sebaik EVE Online atau sehalus World of Warcraft, gim ini memiliki sensasi tersendiri bagi para penggemarnya.

Ada banyak hal yang menarik di Star Trek Online, seperti alur cerita, atmosfer, dan pertarungan kapal. Sayangnya, gim ini secara tragis selalu gagal mencapai potensi terbaiknya. Namun bagi pecinta Star Trek, gim ini patut dicoba sebab akan memberikan penjelajahan galaksi yang menyenangkan.

 


Stellaris (2016)

4. Stellaris (2016)

Banyak gim fiksi ilmiah strategi yang akan membawa pemain menjelajahi galaksi dan memimpin hampir armada kapal. Stellaris tentu saja merupakan salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang menggandrungi Star Trek. Stellaris ada dalam daftar ini karena kualitas mod konversi Star Trek-nya.

Ada dua mod Star Trek yang terkenal untuk Stellaris (New Horizons dan New Civilizations), masing-masing bisa dibilang luar biasa dalam menerapkan kumpulan sistem strategi gim yang sangat dalam dan tidak masuk akal.

5. Star Trek: Bridge Crew (2017)

Star Trek: Bridge Crew bisa dimainkan dengan empat orang pemain. Sensasinya akan sangat baik ketika dimainkan menggunakan perangkat VR. Nantinya para pemain akan bermain bersama untuk memimpin pelayaran kapal luar angkasa.

Bridge Crew mungkin lebih sederhana daripada pengalaman video game serupa, tetapi ini adalah fantasi yang terbaik yang pernah dibuat untuk merepresentasikan Star Trek dalam bentuk gim.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya