Mengenal Lebih Dekat Manfaat Ginseng Korea dalam Kesehatan

Ginseng telah digunakan dalam pengobatan tradisional Korea dan Tiongkok selama ribuan tahun.

oleh Novia Harlina diperbarui 03 Mei 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2024, 08:00 WIB
teh akar gingseng
Ilustrasi teh akar gingseng | copyright shutterstock.com/Light Stock

Liputan6.com, Jakarta - Ginseng Korea, tanaman herbal yang telah lama dipercaya sebagai obat tradisional, kini semakin mendapat perhatian sebagai salah satu produk untuk kesehatan.

Diketahui, ginseng telah digunakan dalam pengobatan tradisional Korea dan Tiongkok selama ribuan tahun. Berbagai penelitian juga telah mengungkap beragam manfaat yang dimilikinya untuk kesehatan manusia.

Ginseng korea merupakan tumbuhan herba menahun yang tumbuh setinggi 30 hingga 60 cm. Tumbuhan ini memiliki akar tunggang berbentuk gelendong atau silinder yang biasanya dengan 1 atau 2 cabang utama.

Dilansir dari kemkes.go.id, berikut beberapa manfaat ginseng korea untuk kesehatan:

1. Berpotensi meningkatkan sistem imun

Berdasarkan hasil studi, ginseng korea bermanfaat pada sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Sebanyak 227 peserta sehat diberikan 100 gr ekstrak ginseng setiap hari selama 12 minggu.

Pasien yang minum ekstrak ginseng dengan rutin lebih jarang terdampak influenza dan pilek. Tingkat antibodi dan aktivitas sel pembunuh patogen alami dalam tubuh juga diketahui lebih tinggi.

2. Berpotensi meningkatkan vitalitas pria

Suplemen ginseng korea merah ternyata membawa manfaat positif pada pria yang mengalami masalah disfungsi ereksi sehingga dijadikan sebagai pengobatan herbal alternatif.

Bahan aktif dan antioksidan yang ada pada ginseng korea dapat meningkatkan fungsi seksual pria yang bermasalah dengan ereksi. Kemungkinan besar, ekstrak ginseng aman untuk digunakan dalam jangka pendek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

3. Berpotensi meningkatkan fungsi kognitif

Berdasarkan penelitian, sebanyak 30 orang peserta yang masih muda diberi 200 mg ekstrak ginseng setiap hari selama 8 minggu.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan manfaat adanya peningkatan psikomotorik, seperti konsentrasi lebih baik, kemampuan berpikir dan mendengar, dan kesehatan mental menjadi lebih baik setelah mengonsumsi ekstrak ginseng korea.

Sayangnya, efek tersebut hadir hanya sampai minggu keempat dan perlahan hilang di minggu kedelapan.

4. Berdampak positif pada pasien diabetes

Penelitian menyoroti manfaat ginseng korea pada pasien diabetes. Sebanyak 36 pasien diberi ekstrak ginseng dengan dosis 100-200 mg per hari selama 8 minggu.

Hasil dari penelitian itu menunjukkan adanya perbaikan kadar glukosa darah puasa, perbaikan mood atau suasana hati dan kinerja fisik.

 

 

 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya