PT KSP Gelar Pelatihan Budidaya Hidroponik untuk Mencetak Petani Milenial Cilegon

Menurutnya ada banyak keuntungan bagi masyarakat sekitar Kawasan Industri Krakatau dengan menjadi petani hidroponik.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Jun 2024, 19:23 WIB
Diterbitkan 05 Mei 2024, 16:12 WIB
hidro
PT Krakatau Sarana Properti (KSP) bekerja sama dengan Fans Hydro Serang melakukan pelatihan Hidroponik kepada 18 Kelurahan terdekat dengan Kawasan Industri Krakatau Cilegon, Banten, Rabu (5/6/2024). (Ist)

Liputan6.com, Cilegon - PT Krakatau Sarana Properti (KSP) melalui Departemen Corporate Secretary (Corsec) bekerjasama dengan Fans Hydro Serang melakukan pelatihan Hidroponik kepada 18 Kelurahan terdekat dengan Kawasan Industri Krakatau Cilegon dengan tema "Pelatihan Hidroponik Sebagai Sarana Pertanian Pada Lahan yang Terbatas".

Acara dimulai sejak Rabu (5/6/2024) pagi di ruangan Sapphire Meeting Room, The Royale Krakatau, Cilegon, Banten, dibuka oleh Nia Ninfa Novia selaku Direktur Keuangan dan SDM PT Krakatau Sarana Properti. Dalam kesempatan itu disampaikan apresiasi kepada seluruh peserta pelatihan hidroponik yang hadir termasuk juga owner Fans Hidro Anis Fuad Salam.

"Ini adalah perhatian nyata dari PT KSP, kami tidak hanya concern dengan masalah CSR sosial lainnya, tapi kami hadir di tengah masyarakat dengan memberikan berbagai pelatihan, agar masyarakat khususnya yang berdekatan dengan Kawasan Industri Krakatau bisa lebih berkesinambungan dalam hal kegiatan yang dilakukan, misalnya selepas dari pelatihan hidroponik ini dapat di praktekan secara langsung sehingga hasilnya bisa dinikmati peserta dan masyarakat," ujar Nia Ninfa Novia.

"Dengan pelatihan budidaya hidroponik ini, kita diajarkan bertani tanpa harus punya lahan yang besar dan materi pelatihan langsung diajarkan oleh owner Fans Hidro yang ahli dalam bidang hidroponik. Harapan lainnya setelah diadakan pelatihan hidroponik ini, dapat mencetak para petani millenial hidroponik di Kota Cilegon maupun sekitarnya. Selain tentunya ke depan semoga bisa berdampak positif untuk membantu dalam hal perekonomian khususnya kepada masyarakat yang berbudidaya hidroponik ditempatnya masing-masing," imbuh dia. Anis Fuad Salam pemilik Hydro Fans Serang menyampaikan terima kasih kepada PT KSP dengan adanya pelatihan ini. Menurutnya ada banyak keuntungan bagi masyarakat sekitar Kawasan Industri Krakatau dengan menjadi petani hidroponik.

"Keuntungan bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik ini adalah selain mudah untuk dilakukan, keberhasilan tanamannya untuk tumbuh dan berproduksi lebih terjamin. Perawatannya juga lebih praktis termasuk dari gangguan hama lebih terjamin. Selain itu pemakaian pupuknya lebih hemat dan tanaman yang mati lebih mudah diganti dengan tanaman yang baru. Secara bisnis pun juga sangat menjanjikan yang penting kita harus konsisten dan memiliki komitmen yang kuat," ucapnya saat memberikan materi pelatihan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Merasakan Manfaat Pelatihan

hidro
PT Krakatau Sarana Properti (KSP) bekerja sama dengan Fans Hydro Serang melakukan pelatihan Hidroponik kepada 18 Kelurahan terdekat dengan Kawasan Industri Krakatau Cilegon, Banten, Rabu (5/6/2024). (Ist)

Senada dengan Anis Fuad Salam, salah satu peserta Ade Irman Sanatas warga salah satu Kelurahan Cilegon, juga merasakan manfaat dari acara pelatihan hidroponik yang digagas oleh PT KSP tersebut.

"Budidaya hidroponik sangat pas dilakukan di Cilegon ataupun daerah sekitarnya. Kami menjadi lebih bersemangat dengan pengetahuan yang luas mengenai bercocok tanam hidroponik ini. Hidroponik juga salah satu opsi dalam menjaga ketahanan pangan di Kota Cilegon, selain kesempatan bagi kami untuk mendapatkan penghasilan tambahan," kata Ade Irman.

"Semoga PT KSP terus memberikan berbagai pelatihan bagi kami masyarakat Cilegon, agar kami dilatih menjadi kreatif diberbagai bidang," pungkas dia.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya