Kembalinya Hiu Paus Gorontalo Usai Menghilang Akibat 'Tergusur' Orca

Kemunculan kembali ikan raksasa dengan nama latin Rhincodon typus membawa harapan baru bagi wisatawan lokal maumun mancanegara.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 12 Jun 2024, 09:40 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2024, 04:00 WIB
Wisata Hiu Paus Gorontalo
Ikan raksasa dengan nama latin Rhincodon typus kembali muncul dan membawa harapan baru bagi wisatawan. (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Setelah sekian lama menghilang dari perairan Gorontalo, hiu paus akhirnya kembali muncul. Kemunculan kembali ikan raksasa dengan nama latin Rhincodon typus membawa harapan baru bagi wisatawan.

Kemunculan kembali hiu paus ini diduga setelah predator utamanya, paus orca atau Orcinus orca, sudah tidak ada lagi berada di perairan Gorontalo.

Hiu paus ini pertama kali terlihat lagi oleh masyarakat Botubarani, Bone Bolango (Bonebol). Kemunculan hiu paus yang diberi nama Sherly ini, mulai terlihat sejak kemarin, Senin (10/6/2024).

Tim monitoring hiu paus Dinas Pariwisata Kabupaten Bonebol, Iman Tilahunga membenarkan informasi itu. Menurutnya, jika saat ini hiu paus telah kembali. Akan tetapi, yang terlihat baru satu ekor.

"Saat ini yang sudah muncul baru satu ekor," kata Iman.

Meski baru muncul, wisatawan sudah bisa kembali berinteraksi dengan hiu jinak tersebut. "Sudah bisa berinteraksi lagi dengan mereka," katanya.

Wisata Hiu Paus Botubarani adalah salah satu lokasi terkenal di Gorontalo yang sering menjadi tempat persinggahan hiu paus.

Kemunculan Orca

Sebelumnya, hilangnya hiu paus itu diduga diakibatkan oleh kemunculan dua ekor paus orca atau paus pembunuh, Paus ini terlihat sedang berkeliaran di perairan Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Lokasi kemunculan paus dengan nama latin Orcinus orca itu tidak terlalu jauh dari bibir pantai desa tersebut. Bahkan, lokasi kemunculannya sangat dekat dengan Wisata Hiu Paus.

Kemunculan paus orca itu sempat dilihat warga. Kawanan paus pembunuh itu bermain tidak jauh dari bibir pantai Botubarani.

Warga yang melihat hal itu sempat mengabadikan momen tersebut. Dalam video yang beredar di media sosial, dua paus orca seperti tengah mencari sesuatu.

Kemunculan paus orca di perairan Bone Bolango itu sempat menghebohkan warga. Mereka khawatir jika paus itu bisa membahayakan wisatawan di lokasi hiu paus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya