Rekreasi ke Berbagai Galeri di Jakarta, Cocok untuk Para Pencinta Seni

Selain menambah wawasan, aktivitas ini juga dapat meredakan stres. Galeri umumnya memang digunakan sebagai tempat, ruangan, atau gedung untuk memamerkan benda, karya seni, dan sebagainya.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 25 Jul 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 23:00 WIB
Ryan LH Gelar Solo Exhibition
Ryan LH, fotografer lulusan ISI Yogyakarta 2003, menggelar Solo Exhibition bertema karat, Reflectry So Far So Good, di Galeri Cemara Jakarta, pada 19 Mei-3 Juni 2024. (IST)

Liputan6.com, Jakarta - Mengunjungi pameran seni atau koleksi unik menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengunjungi berbagai galeri yang ada di Jakarta.

Selain menambah wawasan, aktivitas ini juga dapat meredakan stres. Galeri umumnya memang digunakan sebagai tempat, ruangan, atau gedung untuk memamerkan benda, karya seni, dan sebagainya.

Mengutip dari jakarta.go.id, berikut beberapa galeri di Jakarta yang bisa dikunjungi:

1. Galeri Bartele

Galeri Bartele berada di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta Jalan MH Thamrin No.1, Menteng. Galeri ini memuat banyak peta antik, foto-foto, buku, serta barang-barang antik lainnya.

Pengunjung bisa melihat berbagai koleksi peta antik dari pulau-pulau di Indonesia, terutama dari DKI Jakarta. Menariknya, Galeri Bartele juga menyimpan berbagai koleksi yang usianya sudah lebih dari 100 tahun.

2. Galeri Cemara 6

Galeri Cemara 6 berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto, Gondangdia, Menteng. Galeri milik Toeti Heraty ini telah diresmikan sebagai museum pada 16 April 2014.

Terdapat banyak koleksi berbagai benda seni di sini, seperti lukisan dari jaman old master hingga kontemporer. Tercatat, koleksi di dalam galeri ini melebihi 300 lukisan. Dari jumlah tersebut, 60 karya di antaranya merupakan karya perupa terkenal Indonesia yang menjadi koleksi Toeti Heraty.

3. Galeri Indonesia Karya (GIK)

Galeri Indonesia Kaya (GIK) merupakan salah satu galeri yang cukup populer. Galeri ini berada di Mal Grand Indonesia Lantai 8 Jalan MH Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

GIK merupakan salah satu ruang publik berkonsep edutainment di Jakarta yang memadukan konsep edukatif dan digital. Berbasis teknologi digital, kehadiran galeri ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengapresiasi ragam seni budaya di Indonesia. Bukan itu saja, GIK juga hadir untuk mempertemukan dan menyalurkan kreativitas ekspresi generasi muda dalam lingkup tradisi budaya Nusantara.

Galeri ini dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 150 orang yang menampilkan berbagai pertunjukan budaya, mulai dari musik, tari, teater, hingga film. Tak jarang, juga kerap diadakan diskusi, seminar, dan workshop gratis. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Galeri Mobil Hauwke

4. Galeri Mobil Hauwke

Bagi pencinta otomotif, maka Galeri Mobil Hauwke merupakan salah satu destinasi yang tepat. Galeri ini terletak di Jalan Puri Mutiara, Cipete, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Awalnya, galeri ini dibuka untuk tujuan bisnis pada Agustus 2008.

Menariknya, koleksi mobil di galeri ini dipilih dan dikurasi oleh ahli. Mobil-mobil tersebut juga direstorasi dari Eropa dan Amerika Utara.

Berbagai tipe mobil dipamerkan di sini, mulai dari sedan, limosin presiden, mobil sport, kendaraan militer, hingga truk-truk unik. Selain itu, terdapat lebih dari 50 mobil yang berasal dari awal 1908 hingga 1960-an di galeri ini.

5. Galeri Seni Hadiprana

Galeri Seni Hadiprana berlokasi di Mitra Hadiprana Boutique Mall Jalan Kemang Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Galeri ini didirikan pada 1961 sebagai galeri seni pertama yang didirikan Hendra Hadiprana.

Saat berkunjung ke sini, pengunjung dapat melihat berbagai hasil karya lukisan dari seniman muda, seperti, Jeihan, Sri Hadhy, dan Suparto. Pada 1997, Galeri Hadiprana pindah ke kawasan Kemang, Jakarta Selatan, yang kemudian dinamai Art Boutique Mall.

Sejak saat itu, ruang seni ini telah tumbuh menjadi galeri untuk karya seni, kerajinan, artefak, serta lukisan berkualitas tinggi. Tak jarang, diadakan kelas seni bagi anak-anak dan orang dewasa di galeri ini.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya