Ada Jasa Umrah yang Usung 'Ramah Lingkungan' saat Perjalanannya, Seperti Apa?

Umrah merupakan salah satu ibadah sering dilakukan oleh umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Kali ini, ada pemilik biro perjalanan umrah yang mengusung ramah lingkungan untuk setiap perjalanan spiritualnya.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 01 Sep 2024, 23:15 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 23:15 WIB
Ada Jasa Umroh yang Usung 'Ramah Lingkungan' Saat Perjalanannya, Seperti Apa?
Umroh merupakan salah satu ibadah sering dilakukan oleh umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Kali ini, ada pemilik umroh yang mengusung ramah lingkungan untuk setiap perjalanan spiritualnya.

Liputan6.com, Jakarta - Umrah merupakan salah satu ibadah sering dilakukan oleh umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Kali ini, ada pemilik umrah yang mengusung ramah lingkungan untuk setiap perjalanan spiritualnya. 

Seiring berjalannya waktu, berbagai inovasi dan terobosan baru dari penyedia jasa layanan travel umroh pun kian bermunculan, salah satunya yaitu Hijrah Alfatih yang menyediakan jasa layanan umroh ramah lingkungan.

Konsep tersebut diusung oleh Hijrah Alfatih karena keresahan dr. Andita Sumantri selaku Owner Hijrah Alfatih, akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Ide ini diusung karena saya memiliki keresahan terhadap jamaah travel umroh yang tidak ramah lingkungan, dan banyak sekali kemubaziran yang dilakukan oleh jamaah dan travel umroh,” katanya. 

Berangkat dari hal itu, sejumlah langkah pun dilakukan oleh Hijrah Alfatih dalam upaya peduli akan lingkungan. Salah satunya yaitu memberikan perlengkapan umroh dan produk yang menggunakan prinsip keberlanjutan, reduce reuse recycle, sehingga bisa dipakai berulang kali dengan jangka waktu yang panjang.

“Seluruh perlengkapan umroh dapat digunakan kembali dan para jamaah juga mendapatkan detergen, shampoo, sabun yang ramah lingkungan dan mengandung eco-enzyme,” jelas Andita.

Menariknya, selain menggunakan perlengkapan dan produk dengan prinsip keberlanjutan, Hijrah Alfatih mengajak para jamaah umroh untuk menyeimbangkan emisi karbon yang diakibatkan dari perjalanan dengan pesawat terbang.

Seperti yang diketahui, penerbangan dari Jakarta ke Jeddah dengan pesawat menyumbang emisi karbon yang cukup besar. Karena itu, bersama dengan platform Jejakin, setiap pembelian paket Umroh melalui Hijrah Alfatih otomatis menyumbangkan 1 pohon untuk membantu menyeimbangkan emisi karbon perjalanan.

"Masyarakat bisa mengenal kami langsung, tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2024, Hijrah Alfatih juga hadir di Muslim Life Fest 2024, tepatnya di Booth C2, ICE BSD City Hall 10. Dalam kesempatan tersebut kamu bisa menghitung jejak karbon dari aktivitas harianmu dengan kalkulator karbon dari Jejakin, dan langsung berkontribusi ke program hijau yang telah tersedia,"ujarnya.

Selain memiliki konsep ramah lingkungan yang cukup menarik, Hijrah Alfatih juga memberikan bimbingan Manasik sebanyak tiga kali dalam setiap keberangkatan. Manasik umroh yang intensif ini bertujuan agar jamaah mendapatkan kemurnian ajaran Umroh dengan materi yang berfokus pada pengondisian hati dan adab sebagai tamu Allah, Tahsin Alfatihah, Talaqi gerakan salat agar tumani’nah dan penuh kekhusyukan serta doa-doa Umroh.

Untuk paket Umroh yang ditawarkan oleh Hijrah Alfatih, dimulai dari harga Rp34 juta – Rp 50 juta. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya