Ratusan Pensiunan Guru Geruduk Kantor Disdikbud Bandar Lampung

Ratusan pensiunan guru di Kota Bandar Lampung menggelar unjuk rasa di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota setempat, Senin (9/9/2024).

oleh Ardi Munthe diperbarui 09 Sep 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 16:00 WIB
Ratusan pensiunan guru mengeruduk Disdikbud Bandar Lampung, meminta dana koperasi mereka dibayarkan. Foto : (Liputan6.com/Ardi).
Ratusan pensiunan guru mengeruduk Disdikbud Bandar Lampung, meminta dana koperasi mereka dibayarkan. Foto : (Liputan6.com/Ardi).

Liputan6.com, Lampung - Ratusan pensiunan guru di Kota Bandar Lampung menggelar unjuk rasa di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota setempat, Senin pagi (9/9/2024).

Massa aksi yang didominasi perempuan itu menuntut dana pensiun mereka yang tersimpan di Koperasi Betik Gawi senilai Rp100 miliar supaya segera dibayarkan. Pengunjuk rasa menduga dana tersebut telah digelapkan oleh pihak koperasi setempat.

Sejumlah pensiunan guru itu membentangkan spanduk yang bertulisakan tuntukan mereka. "Para penegak hukum, tolong usut segera! dugaan tipidkor hilangnya dana koprasi Betik Gawi sebanyak 100 miliar," isi tulisan spanduk massa aksi.

"Kepada Disdik Bandar Lampung tindak lanjuti kasus koperasi Betik Gawi, Segera! jangan ditunda - tunda," bunyi spanduk lain. 

Koordinator aksi, Azimah menerangkan bahwa kedatangan ratusan pensiunan guru ini bermaksud menuntut hak dana pensiun mereka yang diduga telah digelapkan oleh Koperasi Betik Gawi.

"Kami memohon kepada Wali Kota Bandar Lampung, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, para pengurus koprasi Betik Gawi agar membayar simpanan hak kami yang dipotong gaji setiap bulannya," kata Azimah, Senin (9/9/20224).

"Sudah bertahun-tahun gaji kami dipotong setiap bulannya. Alangkah sakit hati kami ini, tapi nyatanya sampai sekarang uang tidak ada," ujarnya lagi. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penggelapan Dana Pensiun

Sebelum menggelar aksi ini, kata Azimah, pihaknya telah membuat laporan ke Mapolda Lampung terkait dugaan tindak pidana penggelapan yang dilakukan oleh koprasi Betik Gawi.

Dikatakan ada sekitar 272 pensiunan guru yang melaporkan terkait kasus tersebut. Sebelum membuat laporan itu juga pihaknya telah menempuh berbagai macam jalur. Diantaranya mengajak musyawarah pihak Betik Gawi, namun hasilnya nihil.

Diketahui, saat ini massa aksi sudah membubarkan diri. Namun, sekitar 10 pensiunan guru perwakilan dari massa aksi masih berada di Disdikbud setempat, menggelar rapat tertutup membahas persoalan tersebut.  

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya