Kenali, 6 Rahasia Jeruk Nipis yang Baik untuk Kesehatan

Jeruk nipis menjadi salah satu buah yang menyimpaan banyak rahasia baik terutama bagi kesehatan.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 25 Okt 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 07:00 WIB
Jeruk Nipis
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: pexels.com/Jessica

Liputan6.com, Bandung - Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang cukup populer untuk digunakan dalam memasak atau dikonsumsi langsung. Sebab jeruk nipis memiliki kandungan dan manfaatnya yang kaya.

Meskipun rasa jeruk nipis dikenal asam tetapi untuk sebagian orang rasa tersebut cukup menyegarkan. Rasa asamnya juga sering membuat jeruk nipis digunakan sebagai tambahan rasa pada masakan.

Biasanya jeruk nipis digunakan dalam sajian seperti sambal, soto, hingga hidangan laut. Kemudian rasa asamnya dikenal mampu menyeimbangkan rasa gurih, pedas, atau manis dalam makanan menjadi lebih nikmat.

Selain itu, jeruk nipis menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi sehingga baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, jeruk nipis juga sering digunakan untuk bahan utama dalam minuman.

Buah tersebut biasanya bisa dikonsumsi sebagai minuman untuk kesegaran atau untuk menjaga kesehatan. Tidak jarang banyak orang membuat minuman jeruk nipis hangat untuk meredakan batuk dan flu.

Kemudian jeruk nipis juga dikenal memiliki sifat antioksidan yang baik untuk tubuh karena sifat ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh sehingga mampu mencegah penuaan dini dan beberapa penyakit kronis.

Tentunya masih ada banyak rahasia baik lainnya dari jeruk nipis yang bisa diketahui. Melansir dari Kemenkes berikut ini sejumlah rahasia baik jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang mengonsumsinya.

6 Rahasia Jeruk Nipis yang Baik untuk Kesehatan

Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: pexels.com/pixabay

1. Membantu melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis terkenal dengan rasanya yang asam sehingga bisa membantu memproduksi air liur (saliva) untuk memecah makanan. Kemudian, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis juga bisa merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Biasanya seseorang yang mengalami sembelit bisa mengonsumsi jeruk nipis untuk mendapatkan sifat asam dan merangsang pergerakan usus dalam tubuh. Sehingga sistem pencernaan bisa lebih lancar dan membantu mendorong sisa makanan lebih mudah.

2. Membantu mengatasi gangguan saluran pernapasan

Air jeruk nipis ternyata memiliki khasiat yang juga dikenal bisa membantu mengatasi serangan batuk serta mengencerkan dahak yang ada dalam tenggorokan. Jeruk nipis juga mampu mengurangi rasa sakit akibat batuk berkat kandungan vitamin C.

Selain itu kandungan minyak atsiri pada daging buahnya turut membantu tubuh terutama jika kandungan minyak tersebut diekstrak mengandung kaempferol dan flavonoid yang memiliki sifat anti kongestif dan sering digunakan sebagai inhaler, balsem, dan alat uap.

Rahasia Kesehatan Berikutnya

Jeruk Nipis
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: pexels.com/Lisa

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab kandungan tersebut bisa memproduksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit dan mempersingkat waktu lama ketika sakit.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Menurunkan berat badan

Jeruk nipis ternyata menyimpan manfaat lain untuk menurunkan berat badan karena kandungan asam sitrat yang dimilikinya. Diketahui kandungan tersebut dapat memperlancar pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebagai informasi, metabolisme tubuh yang lancar bisa berdampak terhadap pembakaran kalori jauh lebih banyak. Sehingga sangat membantu untuk mengurangi penyimpanan lemak dalam tubuh.

Selanjutnya

Ilustrasi jeruk nipis.
Ilustrasi jeruk nipis. (Dok. ignartonosbg/pixabay)

5. Membantu mencegah diabetes

Jeruk nipis memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu membantu tubuh untuk menurunkan kadar gula yang ada dalam darah. Kemudian juga bisa membantu untuk mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Melalui kandungan tersebut tentunya membuat jeruk nipis mampu untuk membantu mengurangi risiko tingginya gula darah bagi penderita diabetes. Selain itu, jeruk nipis juga mempunyai indeks glikemik rendah.

Sebagai informasi indeks glikemik merupakan ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa besar makanan dapat mempengaruhi kadar gula darah.

6. Berpotensi menurunkan resiko terkena kanker

Kandungan liminoid yang ada dalam jeruk nipis diketahui sangat berperan penting sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Alhasil dari kandungan tersebut bisa menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya