Valuasi SpaceX Milik Elon Musk Dekati USD 150 Miliar Usai Penjualan Saham Sekunder

SpaceX memiliki perjanjian dengan investor baru dan eksisting untuk menjual hingga USD 750 juta saham.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 14 Jul 2023, 11:17 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2023, 10:26 WIB
Valuasi SpaceX Milik Elon Musk Dekati USD 150 Miliar Usai Penjualan Saham Sekunder
Valuasi SpaceX milik Elon Musk mencapai hampir USD 150 miliar setelah penjualan saham oleh investor eksisting. (AP Photo/Matt Rourke)

Liputan6.com, Jakarta - Valuasi SpaceX milik Elon Musk mencapai hampir USD 150 miliar setelah penjualan saham oleh investor eksisting. SpaceX memiliki perjanjian dengan investor baru dan eksisting untuk menjual hingga USD 750 juta saham dari orang dalam dengan harga USD 81 per saham, menurut salinan penawaran pembelian yang dikirim oleh CFO Bret Johnsen pada Kamis.

Melansir CNBC, Jumat (14/7/2023), perusahaan tidak mengumumkan peningkatan modal baru saat ini, dengan penawaran pembelian yang merupakan penjualan sekunder dari saham yang ada.

Elon Musk pada April lalu mengatakan perusahaan tidak mengantisipasi perlunya mengumpulkan dana untuk lebih mendukung program Starship, Starlink, dan inisiatif lainnya. SpaceX biasanya melakukan putaran sekunder ini sekitar dua kali setahun, untuk memberikan kesempatan kepada karyawan dan pemegang saham perusahaan lainnya untuk menjual saham.

Harga saham baru mewakili peningkatan sekitar 5 persen dari penjualan sekunder sebelumnya pada masing-masing USD 77, dengan valuasi sekitar USD 140 miliar. SpaceX tidak menanggapi permintaan CNBC untuk mengomentari penawaran pembelian.

SpaceX terus menempati peringkat sebagai salah satu perusahaan swasta paling berharga di dunia, mengklasifikasikannya sebagai centicorn atau hectocorn - unicorn senilai USD 1 miliar. Perusahaan nyaris membentuk monopoli di pasar peluncuran satelit AS, berkat roket Falcon pekerja kerasnya dan perjuangan saingan untuk meluncurkan roket operasional untuk bersaing.

Bulan lalu, SpaceX mendaratkan pendorong roket orbital untuk ke-200 kalinya dan telah diluncurkan 47 kali sepanjang tahun ini. Perusahaan Musk telah meluncurkan hampir 5.000 satelit internet Starlink hingga saat ini.

 

 


Bersiap Peluncuran Kedua

Elon Musk.  (Britta Pedersen / POOL / AFP)
Elon Musk. (Britta Pedersen / POOL / AFP)

Layanan ini telah berkembang menjadi lebih dari 1,5 juta pelanggan dalam waktu kurang dari tiga tahun sejak debutnya. SpaceX juga memproyeksikan bahwa Starlink akan menghasilkan uang pada 2023, setelah mencapai arus kas positif pada kuartal tahun lalu.

Itu memenangkan kontrak Pentagon bulan lalu untuk menyediakan layanan Starlink di Ukraina, dengan jumlah yang tidak diungkapkan. SpaceX terus menghabiskan banyak uang untuk pengembangan roket Starship generasi berikutnya.

Elon Musk mengharapkan perusahaan menghabiskan sekitar USD 2 miliar untuk pengembangan kendaraan tahun ini. Penerbangan Starship pertama turun dari landasan peluncuran dan mencapai beberapa pencapaian, tetapi juga memiliki banyak masalah.

SpaceX sedang bersiap untuk mencoba peluncuran kedua dalam beberapa bulan mendatang, tetapi menunggu persetujuan Administrasi Penerbangan Federal untuk melakukannya. FAA juga melawan gugatan lingkungan tentang bagaimana mengatur Starship SpaceX.

Namun, SpaceX tetap diam tentang potensi IPO bisnis Starlink-nya. Presiden Gwynne Shotwell mengatakan awal tahun ini bahwa tidak ada pembaruan. Tahun lalu, CNBC melaporkan bahwa Musk memberi tahu karyawan bahwa perusahaan kemungkinan tidak akan mengumumkan Starlink hingga tahun 2025 atau lebih baru.


Elon Musk Bikin Perusahaan AI Baru xAI

Elon Musk
Elon Musk, founder Tesla dan SpaceX. Sumber: Business Insider

Sebelumnya, CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk mengumumkan debut perusahaan kecerdasan buatan baru xAI yang bertujuan memahami sifat sebenarnya dari alam semesta.

Dikutip dari CNBC, Kamis (13/7/2023). Menurut web perusahaan, Elon Musk dan timnya akan berbagi lebih banyak informasi dalam obrolan langsung Twitters Spaces pada Jumat, 14 Juli 2023.

Anggota tim di belakang xAI adalah alumni DeepMind, OpenAI, Google Research, Microsoft Research, Twittter dan Tesla, dan telah mengerjakan proyek termasuk AlphaCode DeepMind dan chatbot GPT-3.5 dan GPT-4 OpenAI.

Elon Musk tampaknya memposisikan xAI bersaing dengan perusahaan OpenAI, Google dan Anthropic yang berada di belakang chatbot terkemuka yakni ChatGPT, Bard dan Claude.

Berita tentang startup tersebut sebelumnya dilaporkan oleh Financial Times pada April, bersamaan dengan laporan Elon Musk telah mengamankan ribuan prosesor GPU dari Nvidia.

Pada bulan yang sama, Elon Musk membagikan detil rencana untuk alat AI baru yang disebut “TruthGPT” selama wawancara Fox News Channel. Ia khawatir perusahaan AI yang ada memprioritaskan sistem yang benar secara politis.

Salah satu penasihat startup IA adalah Executive Director the Center for AI Safety, Dan Hendrycks menerbitkan surat pada Mei yang ditandatangani oleh pemimpin teknologi yang klaim “memitigasi risiko kepunahan AI harus harus menjadi prioritas global di samping risiko skala sosial lainnya yakni pandemi COVID-19 dan perang nuklir,”

 


Terpisah dari X Corp

Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool Photo via AP, File)
Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool Photo via AP, File)

Surat tersebut menerima penolakan dari banyak akademisi dan ahli etika yang percaya terlalu banyak fokus pada kekuatan AI yang berkembang dan ancamannya pada masa depan mengalihkan perhatian dari bahaya kehidupan nyata yang disebabkan oleh beberapa algoritma terhadap komunitas yang terpinggirkan saat ini, bukan pada masa depan yang tidak ditentukan.

Salah satu pendiri xAI Greg Yang menuturkan, startup tersebut akan mempelajari “matematika pembelajaran mendalam”, sebuah aspek AI dan mengembangkan teori segalanya untuk jaringan besar membawa AI ke masa depan.

Musk dilaporkan memasukkan xAIdi Nevada pada Maret. Sebelumnya, dia sempat mengubah nama Twitter menjadi X Corp dalam beberapa pengajuan keuangan, tetapi di situs xAI,perusahaan mencatat terpisah dari  X Corp. xAI bekerja sama dengan X (Twitter), Tesla dan perusahaan lain untuk membuat kemajuan menuju misinya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya