Miliarder Jim Ratcliffe Kuasai 25 Persen Saham Manchester United

Perhatian sekarang akan beralih pada bagaimana miliarder Jim Ratcliffe akan membalikkan keadaan klub yang sedang terpuruk

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 26 Des 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 26 Des 2023, 10:00 WIB
Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe menjadi nama terbaru sebagai orang yang berminat untuk membeli saham minoritas milik Manchester United. Sebelumnya, keluarga Glazer sebagai pemilik klub sedang mempertimbangkan untuk menjual saham minoritas milik Setan Merah pada Rabu (17/08/2022). (AFP/Valery Hache)

Liputan6.com, Jakarta Miliarder Jim Ratcliffe telah menyelesaikan pembelian saham di Manchester United. Melalui konglomerasi kimianya Ineos Group, Jim Ratcliffe akan membayar USD 33 per saham untuk 25 persen saham di klub tersebut, sehingga memberi valuasi klub tersebut sekitar USD 5,4 miliar, jauh di bawah harapan awal sebesar USD 6 miliar.

Keputusan untuk mendatangkan Ratcliffe, salah satu orang terkaya di Inggris, menandai berakhirnya proses penjualan berlarut-larut yang secara resmi dimulai oleh keluarga Glazer lebih dari setahun lalu.

Mulanya, keluarga Glazer dilaporkan akan mempertimbangkan untuk menjual saham minoritas di tim Manchester United, dan nama Ratcliffe muncul sebagai kandidat terdepan.

Melansir Yahoo Finance, Selasa (26/12/20230, Ratcliffe akan mengakuisisi 25 persen saham Kelas B milik keluarga Glazer dan memulai penawaran tender untuk 25 persen saham Kelas A yang tercatat.

Ratcliffe akan menginvestasikan USD 300 juta ke klub. Kemudian, investor baru akan mendapatkan dua kursi dewan.

Selama setahun terakhir, Ratcliffe berjuang melawan tawaran saingan dari Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, putra ketiga mantan perdana menteri Qatar, untuk mengendalikan klub tersebut.

Namun tidak ada penawar yang dapat menandingi keinginan ketua bersama Joel dan Avram Glazer untuk menjadikan Manchester United sebagai aset olahraga termahal di dunia.

Kelompok Qatar telah menegaskan bahwa mereka tidak akan membayar lebih untuk klub tersebut. Sebelum perang penawaran dimulai, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani, mantan perdana menteri Qatar dan ayah Sheikh Jassim, mengatakan bahwa dia bukan penggemar investasi sepak bola di Liga Premier.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Ditawar Qatar

Manchester United - MU - Liga Inggris
Logo Manchester United atau MU di Stadion Old Trafford. (Oli SCARFF / AFP)

Pada Oktober, kubu Qatar menarik tawarannya, yang diklaim berjumlah sekitar £ 5 miliar, namun kemungkinan termasuk utang dan sejumlah dana tambahan seperti pembangunan kembali tempat pelatihan.

Hubungan warga Qatar dengan Raine Group, bank investasi yang bertanggung jawab atas penjualan tersebut diketahui telah memburuk.

Kemenangan ini juga mengukuhkan rencana Ratcliffe untuk membangun kerajaan olahraga pribadi setelah gagal dalam upayanya untuk membeli Chelsea FC tahun lalu.

Melalui raksasa kimianya Ineos, Ratcliffe juga memiliki OGC Nice Ligue 1 Prancis, grup balap sepeda yang sebelumnya dikenal sebagai Team Sky, dan saham di tim Formula Satu Mercedes-AMG Petronas.

Malcolm Glazer membeli Manchester United dalam leveraged buyout pada tahun 2005 yang membebani mereka dengan hutang yang sangat besar, dan keluarga tersebut menghadapi ketidakpercayaan dari para pendukung garis keras sejak saat itu.


Ditinggal Alex Ferguson

Manchester United - Ilustrasi Logo MU
Manchester United - Ilustrasi Logo MU (Bola.com/Adreanus Titus)

Meskipun hal ini dapat diatasi pada tahun-tahun awal kepemilikan mereka ketika tim terus memenangkan trofi di bawah asuhan Alex Ferguson, namun penolakan terus meningkat setelah pelatih terkenal itu pensiun pada 2013.

Keluarga tersebut menyewa bank investasi Raine Group, yang juga bertanggung jawab atas penjualan Chelsea FC, untuk membangkitkan minat terhadap salah satu tim dominan yang mengalami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir.

Namun meski Chelsea harus berjuang keras memenangkan kesepakatan tersebut, Sheikh Jassim dan Ratcliffe adalah dua pihak penting yang secara terbuka menyatakan minatnya untuk membeli Manchester United, setelah kenaikan suku bunga dikombinasikan dengan apa yang dianggap oleh banyak orang sebagai penilaian yang berlebihan dan membuat banyak penawar mundur.

Perhatian sekarang akan beralih pada bagaimana Ratcliffe akan membalikkan keadaan klub yang sedang terpuruk, yang menderita karena kinerja buruk selama bertahun-tahun dan stadion yang bobrok.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya