RUPS 11 Juni 2024, Patrick Walujo Bakal Kuasai Saham MVS GOTO

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berencana menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 11 Juni 2024. Salah satu mata acara yang diusung dalam rapat adalah pengajuan Direktur Utama PT Goto Gojek Tokopedia Tbk, Patrick Sugito Walujo sebagai calon pemegang saham Seri B.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 21 Mei 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2024, 06:00 WIB
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO GoTo menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo.
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO GoTo menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo. (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)

Liputan6.com, Jakarta PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berencana menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 11 Juni 2024. Salah satu mata acara yang diusung dalam rapat adalah pengajuan Direktur Utama PT Goto Gojek Tokopedia Tbk, Patrick Sugito Walujo sebagai calon pemegang saham Seri B.

Sebagai investor awal Perseroan, Patrick memberikan pandangan sebagai pemegang saham dalam pembentukan kebijakan strategis Perseroan, dan berperan sebagai pemimpin dalam manajemen GoTo. Lebih lanjut, perseroan tidak memiliki rencana untuk menerbitkan saham Seri B baru. Dengan demikian, tidak ada dilusi dari kepemilikan pemegang saham eksisting.

"Perpindahan kepemilikan saham dengan hak suara multipel (SHSM) sehubungan dengan hal tersebut, hanya dapat dilakukan pada pihak yang telah disetujui sebagai pemegang saham dengan hak suara multipel," mengutip keterangan resmi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Selasa (21/5/2024).

Sesuai Peraturan OJK Nomor 22 Tahun 2021, penerapan sistem SHSM atau multiple voting shares (MVS) bertujuan untuk melindungi visi dan misi perusahaan yang dibangun oleh para pendiri agar tujuan dan perkembangan bisnis dapat terus berjalan.

Mata acara lainnya yang akan dibahas dalam RUPS yakni rencana pembelian kembali saham (share buyback) yang sebelumnya telah disampaikan Perseroan serta perubahan komposisi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Perseroan akan meminta persetujuan dari pemegang saham untuk skema pembelian kembali sahamnya senilai Rp 3,2 triliun atau USD 200 juta. Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan akan melakukan peninjauan secara berkala terhadap rencana pembelian kembali tersebut dan mungkin melakukan perubahan atau penyesuaian apabila diperlukan. Informasi lebih detail atas rencana pembelian saham kembali tersebut akan disampaikan kepada seluruh pemegang saham sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara dalam rangka perubahan manajemen, perseroan mengajukan John A. Prasetio untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham sebagai Komisaris Independen, menggantikan Robert Holmes Swan yang akan mengakhiri masa jabatannya.

Pada RUPS kali ini sekaligus menandai habisnya masa jabatan William Tanuwijaya dan Melissa Siska Juminto di Dewan Komisaris dan Direksi. Andre Soelistyo juga telah menyampaikan permohonan pengunduran diri dari posisi Komisaris untuk fokus pada bidang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komisaris GOTO Andre Soelistyo Mengundurkan Diri

GoTo
Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan pengunduran diri Andre Soelistyo dari jabatannya selaku Komisaris. Sekretaris Perusahaan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, R A Koesoemohadiani mengatakan, surat pengunduran diri Andre telah diterima perseroan pada 17 Mei 2024.

Selanjutnya, perseroan akan mengikuti dan menjalankan ketentuan yang diatur di dalam POJK 33/2014 dan Anggaran Dasar Perseroan untuk mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan meminta persetujuan dari pemegang saham atas pengunduran diri anggota Dewan Komisaris tersebut. RUPS Tahunan (RUPST) dan RUPS Luar Biasa (RUPSLB) rencananya akan dilaksanakan pada 11 Juni 2024.

"Kejadian ini tidak berdampak merugikan terhadap kegiatan operasional, Impact of the Information kondisi hukum, keuangan dan kelangsungan usaha Perseroan," kata Koesoemohadiani dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesiabei (BEI), Senin (20/5/2024).

Andre Soelistyo merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang lahir pada tahun 1983. Andre diangkat menjadi Komisaris GoTo pada 2023. Andre adalah co-founder GoTo dan sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur/Chief Executive Officer dari 2021 hingga 2023. Sebagai Chief Executive Officer, Andre telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan pesat GoTo dan keberlanjutan bisnis jangka panjang.

Melansir laman resmi GoTo, Andre bergabung dengan GoTo pada 2015 sebagai Direktur Utama GoTo dan memimpin penggalangan dana lebih dari USD 5 miliar yang menarik investor utama seperti Telkomsel, Google, Tencent, Astra, KKR, Facebook, Visa, dan Warburg Pincus. Selain itu, Andre mengarahkan ekspansi bisnis GoTo dengan mengamankan kemitraan strategis utama dan menetapkan fungsi korporat GoTo.

 


Jabat Co-CEO GoTo

Co-CEO Gojek
Co-CEO Gojek Andre Soelistyo saat menjadi pembicara dalam Ignite Gerakan Nasional 1000 Startup Digital (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selama masa jabatannya sebagai Co-CEO GoTo dari tahun 2019 hingga 2021, Andre berhasil memperluas bisnis pembayaran dan jasa keuangan. Pada tahun 2020 hingga 2023, beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur/Chief Executive Officer PT DKAB, sebuah perusahaan induk yang meliputi unit pembayaran ekosistem, layanan keuangan, dan solusi bisnis.

Dengan mengembangkan bisnis pembayaran dan jasa keuangan, Andre memainkan peran kunci dalam mempercepat inklusi keuangan di seluruh Asia Tenggara dan meningkatkan taraf hidup lebih banyak orang. Andre juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, antara tahun 2021 hingga 2026.

Sebelum bergabung dengan GoTo, Andre adalah Direktur Eksekutif PT Northstar Group, perusahaan dana ekuitas swasta terkemuka di Asia Tenggara, dari 2008 hingga 2016. Andre sempat menjabat sebagai Head of Corporate Finance di salah satu kontraktor pertambangan batu bara terbesar di Indonesia, PT Delta Dunia Makmur Tbk sejak tahun 2009 hingga 2011.

Andre memperoleh gelar Bachelor of Science in Information Technology dari University of Technology Sydney, Australia pada tahun 2005. Pada tahun 2021, Andre juga masuk dalam daftar Bloomberg 50 sebagai pengakuan atas kepemimpinannya di GoTo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya