Inilah Daftar Lagu K-Pop Terbaik 2017 Versi Billboard

Selain Wanna One, berikut musisi lain yang karyanya masuk dalam daftar 20 lagu K-Pop terbaik 2017 versi Billboard.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 15 Des 2017, 18:00 WIB
Diterbitkan 15 Des 2017, 18:00 WIB
Wanna One
Selain Wanna One, berikut musisi lain yang karyanya masuk dalam daftar 20 lagu K-Pop terbaik 2017 versi Billboard. (Sumber: Naver/ Wanna One)

Liputan6.com, Los Angeles - Perkembangan industri musik K-Pop beberapa tahun belakangan sudah tak dipandang sebelah mata oleh media arus utama. Bahkan Billboard, media ternama yang fokus mengulas mengenai musik, kini rutin mengeluarkan daftar lagu dan album terbaik K-Pop versi mereka setiap tahunnya.

Dilansir dari situs media ini, Jumat (15/12/2017), daftar lagu K-Pop terbaik 2017 ini dibuat berdasarkan pencapaian yang dibuat single tersebut, yang dikombinasikan dengan pendapat panelis Billboard. Karena itu, di antara sejumlah nama beken di jagat K-pop, terselip nama musisi yang mungkin kurang dikenal oleh penggemar idol kebanyakan.

	Sumber: Naver/ Wanna One

Pada 2017 ini lagu debut Wanna One, "Energetic", dinobatkan sebagai peringkat pertama. "Ya, 'Energetic' adalah lagu yang dibuat secara seksama, sebuah permata elektro-pop dinamis yang menjadikan penyanyinya sebagai superstar dari generasi berikutnya," tulis Billboard.

Selain dari segi musikalitas, Billboard juga mencatat sisi lain dari lagu "Energetic". Yakni keterlibatan publik sejak awal, mulai dari pembentukan grup Wanna One lewat Produce 101 Season 2, hingga pemilihan single debut antara "Energetic" dan "Burn It Up".

Billboard menyebut bahwa hal ini membawa efek emosional tersendiri bagi publik. "Segala hal yang direpresentasikan ini membuat "Energetic" lebih dari sekadar lagu pop yang kuat. Ini memiliki makna dan cerita yang lebih dalam, menjadi penanda spesial yang mendefinisikan musk K-Pop, dan tak bisa diragukan lagi adalah sebuah perayaan dari momen kunci dalam sejarah genre musik ini."

 BTS  (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

Selain Wanna One muncul pula sejumlah nama populer di jagat K-Pop seperti BTS, Red Velvet, EXO, Akdong Musician, IU, SNSD, dan lainnya. Berikut daftar lengkap 20 lagu K-Pop terbaik 2017 versi Billboard:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar 20 Lagu K-Pop Terbaik 2017 Versi Billboard

1. "Energetic" - Wanna One

2. “Don’t Know You” - Heize

3. “Gashina - Sunmi

4. “Red Flavor” - Red Velvet

5. “Spring Day” - BTS

6. “Palette” - IU

7. “Sorry” - The Rose

8. “Night Rather Than Day” - EXID

9. “Circle’s Dream” - Subin

10. “Where You At” - NU’EST W

 NU'EST W (Sumber: Soompi)

11. “Never” - Nation's Son (Concept Battle, Produce 101 Season 2)

12. "Sweet Crazy Love” - Loona / Odd Eye Circle

13. “Too Much” - Loco feat. Dean

14. “All Night” - SNSD

15. “Wee Woo” - Pristin

16. "1+1=0" - Suran (feat. Dean)

17. “Cherry Bomb” - NCT 127

18. “Dinosaur” - Akdong Musician

19. “Chase Me” - Dreamcatcher

20. "Ko Ko Bop" - EXO

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya