Aktor Matt Damon Ajak Masyarakat Cegah Wabah Corona Covid-19, Caranya?

Meledaknya film Contagion seiring wabah Corona Covid-19 direspons Universitas Columbia AS dengan menggandeng salah satu pemainnya, Matt Damon, membuat iklan layanan masyarakat.

oleh Wayan Diananto diperbarui 30 Mar 2020, 19:30 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2020, 19:30 WIB
Matt Damon. (Foto: Instagram @matt_damon_official)
Meledaknya film Contagion seiring wabah Corona Covid-19 direspons Universitas Columbia AS dengan menggandeng salah satu pemainnya, Matt Damon, membuat iklan layanan masyarakat.. (Foto: Instagram @matt_damon_official)

Liputan6.com, Los Angeles - Saat Corona Covid-19 mewabah ke seluruh dunia, film Contagion yang dibintangi Matt Damon dan Kate Winslet meroket di chart i-Tunes. Sadar Contagion yang mengisahkan wabah virus dari Tiongkok disorot publik, Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Columbia, AS, menghubungi sejumlah pemainnya.

Matt Damon, dikontak untuk membuat iklan layanan masyarakat terkait cara sederhana mencegah penularan Corona Covid-19. Matt Damon bersedia. Lewat video berdurasi 3 menit dan 44 detik, Matt Damon berbagi cerita soal Contagion lalu mengajak masyarakat menahan laju wabah Corona Covid-19.

“Halo semua, ini Matt Damon. Begini, beberapa tahun lalu kami memproduksi film Contagion, yang mana kami sadari perlahan merangkak di chart iTunes dengan alasan yang jelas terkait masa sulit yang kita tempuh saat ini,” sapa Matt Damon dalam video itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan Percaya Saya Kebal Corona

Matt Damon. (Foto: Instagram @matt_damon_official)
Matt Damon. (Foto: Instagram @matt_damon_official)

Dalam Contagion, Matt Damon memainkan tokoh Mitch Emhoff, yang kebal terhadap virus baru, yang menyebar ke seluruh dunia. Matt Damon berujar, “Pertama, itu film sementara kita hidup di dunia nyata. Tak ada alasan untuk memercayai bahwa saya kebal terhadap Corona Covid 19. Begitu juga dengan kamu, tak peduli semuda apa usiamu.”

Corona Covid-19 virus baru. Butuh waktu bagi awam maupun tim medis memahaminya dan mencari jalan terbaik untuk melindungi diri.


Pertarungan Melawan Corona

Matt Damon. (Foto: Instagram @matt_damon_official)
Matt Damon. (Foto: Instagram @matt_damon_official)

“Kabar baiknya, kita pernah mengalami pandemi sebelumnya dan kini jadi lebih kuat. Kita akan menangkan pertarungan melawan Corona Covid-19. Berapa lama untuk memenangkannya? Tak ada yang bisa memastikan,” Matt Damon menyambung.

Namun kita tahu cara mempercepat datangnya hari kemenangan. Salah satunya, kata Matt Damon, dengan social distancing, artinya membuat jarak enam kaki dari orang lain. Tidak bikin perkumpulan. Tinggal di rumah atau menetap di suatu tempat. Itu imbauan resmi pemerintah yang mesti kalian lakukan.


Jangan Ambil Risiko

Matt Damon. (Foto: Instagram @matt_damon_official)
Matt Damon. (Foto: Instagram @matt_damon_official)

“Orang bisa terkontaminasi Covid-19 dengan gejala yang nyaris bahkan tidak terlihat sama sekali. Jika kamu berpikir teman-temanmu sehat atau berpikir kamu sehat, jangan ambil risiko karena tidak sepadan dengan akibatnya,” ia mengingatkan.

Matt Damon menjelaskan, saat kita membiarkan penularan virus maka ada tiga atau empat orang yang berpotensi terpapar. Sebelum satu orang yang terinfeksi menjadi ratusan atau ribuan, mari dicegah.


Jaga Jarak 6 Kaki

Matt Damon. (Foto: Instagram @matt_damon_official)
Matt Damon. (Foto: Instagram @matt_damon_official)

“Jika kamu muda dan sehat, mungkin kalian berpikir tak masalah karena dampak virus ini tidak lebih buruk dari flu. Itu tidak benar,” Matt Damon menegaskan. “Ingat, hampir 40 persen orang berusia di bawah 55 tahun dilarikan ke rumah sakit akibat virus ini,” imbuhnya.

Pemeran Jason Bourne ini mengajak masyarakat duduk santai sambil menonton televisi, kerja dari rumah, atau aktif berbagi kabar di medsos. Dengan begitu, kita menyelamatkan lebih banyak orang. “Jika ada yang mengganggumu, bilang ke dia, jangan ganggu karena aku lagi menyelamatkan nyawa orang. Pastikan jaga jarak 6 kaki dan kita bisa lakukan ini bersama,” pungkasnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya