Yopie Item CS, Salah Satu Album Jazz Rock Terbaik Sepanjang Masa Kembali Dirilis Dalam Format Digital

Keapikan penampilan Yopie Item Cs yang direkam secara LIVE di Taman Ismail Marzuki Cikini Jakarta di tahun 1977 dapat dinikmati secara digital melalui kanal YouTube Aquarius Musikindo, serta berbagai platform musik digital lainnya.

oleh Surya Hadiansyah diperbarui 18 Jul 2021, 18:30 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2021, 18:30 WIB
Yopie Item CS, Salah Satu Album Jazz Rock Terbaik Sepanjang Masa Kembali Dirilis Dalam Format Digital
Yopie Item CS, Salah Satu Album Jazz Rock Terbaik Sepanjang Masa Kembali Dirilis Dalam Format Digital. (ist)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu musisi legendaris, Yopie Item, selama ini dikenal sebagai gitaris yang banyak memainkan warna jazz rock Indonesia. Petikan tangan “ajaibnya” sangat terasa pada pola permainannya pada sederet album bergenre jazz rock.

Dengan distorsi gitar yang meraung-raung tapi berada dalam cengkeraman beat dan akord yang bermuara dalam zona jazz, menjadikan sub-genre jazz rock ini banyak dinikmati banyak remaja pada masanya.

Konsep musik jazz rock itulah yang dimainkan Yopie Item (gitar), Abadi Soesman (keyboard, moog synthesizers), almarhum Wempy Tanasale (bass elektrik) dan Karim Suweileh (drum) berkolaborasi dengan si biola maut Idris Sardi saat mereka tampil di Taman Ismail Marzuki pada tahun 1977 silam.

Pertunjukan itu pula dirasa seperti reuni bagi Yopie Item dan Idris Sardi yang sebelumnya pernah tergabung dalam band Eka Sapta yang dibentuk oleh Amin Widjaja. Dalam proses pembuatan album live yang diproduksi dan dirilis label Pramaqua ini, Alex Kumara selaku sound engineer menggotong seperangkat mixer studio untuk mengabadikan pertunjukan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Lagu

Idris Sardi
Idris Sardi (istimewa)

Upaya tersebut memang patut diberi jempol, mengingat betapa susahnya mencari hasil rekaman yang berkualitas untuk sebuah album live pada zaman itu. Meski pada akhirnya album live ini masih harus dibenahi lagi di studio Tri Angkasa Kebayoran oleh Yongky Mamahit.

Meski tidak ada satupun kumpulan lagu yang dibuat dengan komposisi orisinal. Namun Yopie Item dan Idris Sardi sudah memberikan nuansa baru terhadap sederet lagu-lagu pop dan standar yang dimainkannya.

Mulai dari lagu tradisional “Jali Jali” dan “Es Lilin”, “Layu Sebelum Berkembang” karya A. Riyanto yang dipopulerkan Tetty Kadi hingga lagu dangdut “Rindu” Achmad Vadaq yang tengah populer saat itu. Selebihnya adalah karya standar seperti “My Funny Valentine” hingga “Black Is Black”.

 


Pujian

Ketika album ini dirilis pada tahun 1977, pihak Pramaqua mengirimkan album live Yopie Item dan Idris Sardi ke BBC London. Ternyata pihak BBC London tertarik dengan penyajian musik dua legendaris tersebut. Album ini lalu diputar di BBC London.

Bahkan kritikus musik Inggris memuji album ini dalam Sunday Telegraph. Dalam review, Idris Sardi dibanding-bandingkan dengan pemain biola jazz India L.Subramaniam.

Bagi music lover khususnya penyuka genre jazz rock rasanya kurang afdol jika tidak mendengar kembali masterpiece dari Yopie Item dan Idris Sardi yang pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 150 Album Terbaik Sepanjang Masa versi majalah The Rolling Stone Indonesia ini.


Dirilis Digital

Kini, keapikan penampilan Yopie Item Cs itu dapat dinikmati secara digital melalui kanal YouTube Aquarius Musikindo, serta berbagai platform musik digital lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya