Jatuh Bangun Selebgram Alexander Bobon Membangun Bisnis

Selebgram Alexander Bobon banyak membantu para UMKM.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Agu 2021, 03:00 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2021, 05:00 WIB
Alexander Bobon
Alexander Bobon

Liputan6.com, Jakarta Selain sebagai ajang eksistensi, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai platform mencari cuan. Seperti yang dilakukan selebgram asal Tangerang, Alexander Bobon.  

Pria berusia 23 tahun memanfaatkan media sosial Instagram untuk membuat agency penyelenggara giveaway @alexgiveawaymanagement. Lewat akun tersebut, Alexander Bobon membantu online shop yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Dirinya mengaku sudah banyak online shop yang penjualannya meningkat drastis setelah dibantu oleh Alex Giveaway Management miliknya. Terlebih ia sudah menjalin kerjasama dengan puluhan selebgram, influencer hingga selebriti.

Menurutnya, branding dan promosi melalui digital lebih efektif dibandingkan platform iklan lainnya. Sebab, promosi lewat media sosial dapat meningkatkan engagement secara signifikan.

"Dibandingkan usaha melalui platform iklan lainnya misal billboard, iklan tv, biaya besar impact-ya kecil. Kalau pakai jasa saya, low cost high impact karena bisa meningkatkan engagement dan mendatangkan konsumen potensial melalui Instagram," ujar Alexander Bobon dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meningkatkan

Alexander Bobon
Alexander Bobon

Selain meningkatkan penjualan melalui Instagram, Alexander Bobon dapat membantu meningkatkan akun Shopee, YouTube, TikTok dan akun pribadi. Membangun bisnis dari media sosial ini, ia belajar mandiri secara otodidak. 

Sejauh ini, Alexander Bobon mengelola sekitar 45 media sosial. Sebelum terjun bisnis media sosial, ia belajar berbisnis oleh sejumlah pengusaha kuliner dan salah satu jasa cargo ternama di Indonesia.

"Sebelum bisnis media sosial, saya belajar cara berbisnis properti penyewaan ruko. Saya belajar bisnis dari orang-orang hebat, bos Upnormal, bos ayam bakar dengan 90 cabang dan bos JNE sekarang jadi mentor saya," tuturnya.

 


Memulai

Alexander Bobon
Alexander Bobon

Alex mulai menekuni bisnisnya sejak setelah lulus SMK di usianya yang sangat muda, yakni 17 tahun. Sejak ayahnya meninggal, pria kelahiran 1998 ini harus berusaha hidup secara mandiri di atas kakinya sendiri. 

Dari pribadi yang boros dan konsumtif, setelah ditinggal pergi ayahnya membuat dirinya semakin dewasa. Pada tahun 2017, ia mulai memikirkan masa depannya. Dari situ membawanya kepada para pengusaha-pengusaha sukses untuk belajar bisnis.

"Lalu saya belajar kepada banyak orang-orang sukses. Selain bos-bos tadi, saya juga belajar dari Tung Desem Waringin Group. Dari situ nasib saya perlahan mulai berubah. Dulu Hp saya Android layar pecah, Alhamdulillah sekarang bisa beli Iphone 12promax," kata pemilik Instagram @alexanderbobon itu.

 


Jalan Panjang

Untuk sampai ke titik ini, Alex melalui jalan yang sangat panjang dan tak mudah. Bahkan ia pernah merugi hingga Rp 50 juta dan minus hutang Rp 15 juta. 

"Tapi Alhamdulillah sekarang omsetnya Rp 60 juta setiap tahun dari bisnis properti," imbuhnya.

Selain sebagai selebgram, Alexander Bonbon menjalankan profesinya sebagai pebisnis properti dan media sosial. Ia sendiri memasang tarif yang sangat terjangkau untuk jasa @alexgiveawaymanagement mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 5 juta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya