Japanese Film Festival 2022 Hadir di Yogyakarta Pertama Kali setelah Sukses Digelar di Jakarta, Makassar dan Bandung

Japanese Film Festival 2022 telah sukses digelar di kota Yogyakarta untuk pertama kali. Tiga film Jepang pilihan dihadirkan pada special screening di CGV J-Walk Mall, Yogyakarta setelah sempat sukses digelar di Jakarta, Makassar dan Bandung.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 20 Des 2022, 19:30 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 19:30 WIB
Japanese Film Festival (JFF)
Japanese Film Festival 2022 (JFF 2022) yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation di CGV Grand Indonesia, Jakarta. (Dok. The Japan Foundation)

Liputan6.com, Jakarta Keseruan Japanese Film Festival yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation di Jakarta sejak tanggal 3 November 2022 lalu, telah merambah ke kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Bandung, Jawa Barat.

Lebih dari 8.500 penonton telah memeriahkan JFF 2022 di tiga kota tersebut berkat 14 film Jepang pilihan. Antusias para penikmat film Jepang terlihat dari rasio okupansi kursi, partisipasi dalam program Merchandise Hunt, serta tingginya publisitas di media sosial.

Menyusul respons positif ini, JFF 2022 pun telah menambah layarnya di kota Yogyakarta dengan tiga film Jepang pilihan pada tanggal 10 Desember 2022 lalu.

Ini merupakan pertama kalinya JFF hadir di Yogyakarta secara independen, setelah beberapa kali pernah bekerja sama dengan Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Genre yang Berbeda-beda

Japanese Film Festival 2022 di Makassar
Japanese Film Festival 2022 (JFF 2022) yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation di CGV Panakkukang Square, Makassar. (Dok. The Japan Foundation)

Special Screening di Yogyakarta telah diselenggarakan di CGV J-walk Mall dengan menayangkan tiga film, yaitu: Poupelle of Chimney Town (Hirota Yusuke, 2022); ANIME SUPREMACY! (Yoshino Kohei, 2022), dan Lesson in Murder (Shiraishi Kazuya, 2022).

Tiga film tersebut dipilih karena mendapatkan animo yang bagus dari penonton di tiga kota sebelumnya serta mewakili tiga genre berbeda.


Poupelle of Chimney Town

Poupelle of Chimney Town
Film Poupelle of Chimney Town di Japanese Film Festival 2022 yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation. (Dok. Japan Foundation)

Film Poupelle of Chimney Town didedikasikan bagi penonton semua umur, termasuk anak-anak. Bercerita tentang Lubicchi, seorang anak yang ingin melihat bintang di langit seperti yang pernah diceritakan ayahnya.

Kemudian, ia bertemu Poupelle, seorang makhluk yang terbuat dari tumpukan sampah. Bersamanya, ia bertualang mencari langit berbintang di dunia yang penuh asap. Film ini mewakili genre animasi.

 

 


ANIME SUPREMACY!

ANIME SUPREMACY!
Film ANIME SUPREMACY! di Japanese Film Festival 2022 yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation. (Dok. Japan Foundation)

Lalu ANIME SUPREMACY! merupakan sebuah film bergenre drama yang menggambarkan seluk-beluk dunia produksi animasi di Jepang yang kompetitif. Menceritakan dua orang sutradara muda berbakat yang saling berkejaran mengejar rating pertama selagi tetap mempertahankan idealismenya.

Film ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru bagi penggemar animasi, tetapi juga mengharukan khususnya bagi para pembuat film dan animasi di Indonesia.

 


Lesson in Murder

Lesson in Murder
Film Lesson in Murder di Japanese Film Festival 2022 yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation. (Dok. Japan Foundation)

Film ketiga yaitu Lesson in Murder yang merupakan sebuah film thriller/mystery. Film ini bercerita tentang seorang pembunuh kawakan yang manipulatif. Seorang pemuda ditantang untuk membuktikan sebuah kasus pembunuhan dengan petunjuk yang diatur oleh si pembunuh.

Bukti demi bukti muncul dengan menampilkan adegan yang membuat bergidik. Penggemar film thriller/mystery misteri wajib untuk menonton film ini!

 


Rincian Jadwal Penayangan

Yogyakarta Special Screening Japanese Film Festival
Yogyakarta Special Screening Japanese Film Festival yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation di CGV Jwalk Mall, Yogyakarta. (Dok. The Japan Foundation)

Menyorot kembali Jadwal Penayangan Special Screening JFF 2022 di Yogyakarta pada 10 Desember 2022 berikut rinciannya:

Poupelle of Chimney Town - 13:05 WIB

ANIME SUPREMACY! - 15:20 WIB

Lesson in Murder - 18:00 WIB

Tiket JFF 2022 Special Screening di Yogyakarta dibanderol dengan harga Rp 15.000 per film melalui seluruh platform layanan CGV pada 7 Desember 2022.

Berikut juga kilas balik jadwal penayangan di kota-kota sebelum Yogyakarta:

Periode : Jakarta, 3-6 November 2022 (CGV Grand Indonesia)

Makassar, 18-20 November 2022 (CGV Panakkukang Square)

Bandung, 2-4 Desember 2022 (CGV Paris van Java)

Yogyakarta, 10 Desember 2022 (CGV Jwalk Mall)

Jumlah film : 14 film

Tiket :

Rp 25.000 - Rp 30.000 (Jakarta)

Rp 15.000 - Rp 20.000 (Makassar)

Rp 25.000 (Bandung)

Rp 15.000 (Yogyakarta)

 


Informasi Penyelenggara

Penyelenggara : The Japan Foundation, Jakarta

Mitra Resmi : CGV Cinemas Indonesia

Mitra Festival : Kinotika dan Rumata Artspace

Didukung oleh : Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, JNTO Indonesia, dan PT. Hoyu Indonesia

Informasi mengenai JFF 2022:

Website: https://id.japanesefilmfest.org/

Instagram: @indonesiajff

Facebook: https://www.facebook.com/JFFJakarta

Tentang Japanese Film Festival

Sejak tahun 2016, Japan Foundation menyelenggarakan JFF di 10 negara Asia Tenggara dan Australia yang tergabung dalam JFF Asia Pacific Gateway dengan tujuan mempromosikan beragam film Jepang ke seluruh dunia.

Pada tahun 2017, India bergabung dan disusul Rusia pada tahun 2018. Tahun 2019, JFF diselenggarakan di 56 kota di 12 negara dengan jumlahpenonton mencapai 170,000 orang.

Tahun 2020, untuk pertamakalinya, JFF diselenggarakan secara daring dan situs JFF+ dirilis sebagai media utama yang menghadirkan film-film Jepang dalam bentuk penayangan film daring, artikel, dan komunitas.

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya