6 Aksi Tak Terpuji Matty Healy The 1975 Selama Konser di Malaysia, Selain Ciuman Sesama Jenis Juga Banting Drone dan Minum Miras

Rupanya, sedikitnya ada enam aksi Matty Healy yang membuat nama The 1975 tercoreng di mata penggemarnya di Malaysia dan bahkan sebagian dunia.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 24 Jul 2023, 19:15 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2023, 16:37 WIB
Mengenal Sosok Matty Healy, Vokalis The 1975 yang Dikabarkan Jadi Pacar Baru Taylor Swift
Taylor Swift dan Matty Healy dilaporkan siap untuk go public pada akhir pekan ini di Era's Tur Taylor Swift di Nashville. (Dia Dipasupil/Getty Images/AFP)

Liputan6.com, Jakarta The 1975 akhirnya batal tampil di Indonesia pada hari terakhir We The Fest 2023 Jakarta pada Minggu (23/7/2023) kemarin. Alih-alih, band asal Yogyakarta Sheila On 7 yang menggantikan band asal Inggris itu. Batalnya The 1975 ke Indonesia menyusul aksi kontroversi mereka di Malaysia.

Selama tampil di panggung Good Vibes Festival, Kuala Lumpur, Malaysia, vokalis The 1975, Matty Healy beberapa kali melontarkan sikap tak terpuji. Salah satu hal yang membuat panas adalah kecaman yang sangat keras dari Matty Healy kepada pemerintah Malaysia.

Selain aksi tersebut, Matty Healy juga melakukan tindakan lainnya yang membuat penonton Malaysia emosi. Setelah The 1975 diusir dari Negeri Jiran dan masuk dalam daftar hitam Malaysia, deretan hujatan dari warga negara tersebut menghujani akun media sosial The 1975 dan Matty Healy.

Rupanya, sedikitnya ada enam aksi Matty Healy yang membuat nama The 1975 tercoreng di mata penggemarnya di Malaysia dan bahkan sebagian dunia. Lantas, apa saja aksi buruk Matty Healy sewaktu konser di Malaysia? Berikut deretannya.


1. Vokalis 1975 Mengecam Pemerintah Malaysia

Mengenal Sosok Matty Healy, Vokalis The 1975 yang Dikabarkan Jadi Pacar Baru Taylor Swift
Hingga kini belum ada keterangan resmi dari Taylor Swift dan Matty Healy mengenai kabar yang beredar. (Dia Dipasupil/Getty Images/AFP)

Melansir Variety, disampaikan bahwa Matty Healy sempat menyuarakan protes kepada Pemerintah Malaysia perihal peraturan soal pelarangan LGBTQ+ di Negeri Jiran tersebut saat berada di atas panggung Good Vibes Festival 2023.

"Aku membuat kesalahan. Saat kami menyetujui acara, aku tidak memeriksanya. Aku tidak melihat gunanya… Mengundang 1975 ke suatu negara dan kemudian memberi tahu kami dengan siapa kami dapat berhubungan seks,” ceplos Healy sebelum mengakhiri penampilannya.

“Aku minta maaf jika itu menyinggung kalian, dan kalian religius… Tapi pemerintah kalian adalah sekelompok b*****an. Aku tidak peduli lagi. Jika kalian mendorong, aku akan mendorong kembali. Aku sedang tidak dalam suasana hati yang baik," sambungnya, mengutip Variety.

 


2. Vokalis The 1975 Minum Miras Sambil Berceloteh Soal Pemerintah Malaysia

Mengenal Sosok Matty Healy, Vokalis The 1975 yang Dikabarkan Jadi Pacar Baru Taylor Swift
Salah satu sumber terdekat Taylor Swift mengatakan kepada laman The Sun bahwa Taylor dan Matty sedang dimabuk asmara. (Slaven Vlasic/Getty Images/AFP)

Selama berceloteh soal Pemerintah Malaysia, Matty Healy secara terang-terangan membawa botol miras berupa anggur dan menenggaknya di atas panggung. Ia lalu berbicara kepada penonton soal The 1975 yang sempat diminta penyelenggara tak melaksanakan konser karena adanya undang-undang anti-LGBT di Malaysia.

“Sayangnya, kalian tidak mendapatkan banyak lagu yang membangkitkan semangat karena aku sangat marah. Dan itu tidak adil bagiku, karena kalian tidak mewakili pemerintahmu. Kalian adalah anak muda, dan aku yakin banyak dari kalian yang gay dan progresif,” ujar Matty setelah menenggak miras.

“Aku menarik pertunjukan ini kemarin, dan kami mengobrol. Kami berkata, 'Kamu tahu? Kami tidak dapat mengecewakan anak-anak ini karena mereka bukan pemerintah… Jika kalian ingin mengundangku ke sini untuk melakukan pertunjukan, Kalian dapat pergi. Aku akan mengambil uang kalian, kalian dapat melarangku, tetapi aku pernah melakukan ini sebelumnya, dan rasanya tidak enak,'" sambungnya.


3. Ciuman Vokalis dan Bassist The 1975 yang Sengaja Dibuat Mesra

Mengenal Sosok Matty Healy, Vokalis The 1975 yang Dikabarkan Jadi Pacar Baru Taylor Swift
Eksistensinya juga sudah diakui dengan memenangkan penghargaan dari ajang apresiasi industri musik Inggris, Brit Awards. The 1975 berhasil memboyong kategori Best British Group pada tahun 2017 dan 2019 serta British Album of the Year pada tahun 2019. (Slaven Vlasic/Getty Images/AFP)

Setelah Matty Healy melontarkan pernyataan yang menyebut para penonton di depannya tak semuanya mewakili pemerintah Malaysia itu, sang bassist, Ross MacDonald, menghampiri Matty Healy dan langsung mengajak sang vokalis berciuman dengannya.

Ross MacDonald terlihat berjalan ke arah Matty Healy hingga keduanya melakukan ciuman mulut ke mulut cukup lama dan seperti dibuat sangat mesra. Aksi mereka ini merupakan bagian dari protes terhadap undang-undang anti-LGBTQ di Malaysia.

Pasalnya, LGBTQ di Malaysia masuk dalam ranah ilegal. Undang-undang yang ditegakkan di sana sangat ketat sehingga banyak isu yang beredar bahwa kaum tersebut kerap dipojok-pojokkan. Namun tetap saja fans Malaysia banyak yang risih dan tak menerima aksi Matty satu ini.


4. Matty Healy Vokalis The 1975 Sempat Merokok

Matty Healy, vokalis The 1975. (Scott Garfitt/Invision/AP, file)
Matty Healy, vokalis The 1975. (Scott Garfitt/Invision/AP, file)

Sejumlah warganet Malaysia juga sempat merekam momen Matty Healy sedang merokok di atas panggung dan mengunggahnya di media sosial.

Bahkan, seorang warganet sempat mengecam aksi Matty Healy yang secara sembarang mengepulkan asap rokok di atas panggung.


5. Matty Healy Meludah Sembarangan di Atas Panggung

b
Potret Matty Healy (Instagram/the1975).

Matty Healy juga sempat kedapatan melakukan aksi jorok, yaitu dengan cara meludah sembarangan di atas panggung.

Momen ini juga sempat diungkapkan oleh para penonton di media sosial dan warganet Malaysia tentu saja mengecam aksi joroknya itu.


6. Vokalis The 1975 Merusak Drone yang Mengikutinya

Mengenal Sosok Matty Healy, Vokalis The 1975 yang Dikabarkan Jadi Pacar Baru Taylor Swift
Sama seperti Joe Alwyn, Matty Healy berasal dari Inggris. Pria kelahiran 8 April 1989 ini merupakan vokalis dari band bernama The 1975. (Slaven Vlasic/Getty Images/AFP)

Tak cukup sampai di situ rangkaian aksi tak terpuji Matty Healy selama tampil bersama The 1975 di Malaysia. Musisi yang pernah jadi pacar Taylor Swift itu tampak emosi ketika menyadari ada drone yang mengelilinginya.

Alih-alih berpose ke arah drone yang hendak mengambil gambarnya. Matty Healy malah menangkap drone tersebut lalu membantingnya ke lantai. Ia melakukannya sambil mengeluhkan keberadaan drone itu.

"Kamu menerbangkan benda seperti ini lagi ke atas kepalaku satu kali lagi, aku sumpah kepada Tuhan, aku akan menemukanmu. Jangan terbangkan robot ke wajahku!" seru Matty Healy.

Tak sebatas membanting, Matty lalu melompat ke arah poisisi drone terakhir kali jatuh lalu menginjaknya dengan keras. Momen ini juga sempat beredar dalam sejumlah video di media sosial.

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya