Jessica Wongso Tak Sudi Minta Grasi Jokowi dengan Syarat Ngaku Salah, Ngotot Bukan Pembunuh Mirna

Mengetahui syarat dapat grasi adalah mengaku membunuh Wayan Mirna Salihin dan mohon ampun kepada Jokowi, Jessica Wongso menolak mentah-mentah.

oleh Wayan Diananto diperbarui 13 Okt 2023, 09:18 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2023, 09:18 WIB
Segmen 1: Tuntutan untuk Jessica Wongso hingga Fatwa Sesat MUI
Mengetahui syarat dapat grasi adalah mengaku membunuh Wayan Mirna Salihin dan mohon ampun kepada Jokowi, Jessica Wongso menolak mentah-mentah.

Liputan6.com, Jakarta Kuasa hukum Jessica Wongso, Otto Hasibuan, menjelaskan satu-satunya jalan bagi sang klien untuk segera bebas dari Rutan Pondok Bambu Jakarta adalah mengajukan grasi kepada Presiden Jokowi. Syaratnya, mengakui kesalahan di muka RI-1.

Artinya, Jessica Wongso harus mengaku bahwa dialah pembunuh Wayan Mirna Salihin dalam kasus kopi sianida yang viral sepanjang 2016. Jika bersedia, Otto Hasibuan dan tim siap mengumpulkan bukti-bukti yang ada untuk memuluskan grasi.

“Saya bilang sama dia, minta grasi. Saya pikir, sudahlah walaupun kamu enggak salah daripada kamu di sini sampai 20 tahun, siapa tahu saya bisa meyakinkan Presiden atau otoritas dengan bukti-bukti yang ada, ajukan saja grasi,” kata Otto Hasibuan.

Mengetahui syaratnya adalah mengaku salah telah membunuh Wayan Mirna Salihin dan mohon ampun kepada Jokowi, Jessica Wongso menolak mentah-mentah. Ia tak sudi mengakui perbuatan yang tak pernah dilakukannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kalau Grasi, Syaratnya Apa?

20161017-Sidang Jessica Masuki Pembacaan Replik JPU-Jakarta
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso bersiap mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat, Senin (17/10). Sidang beragendakan pembacaan nota replik Jaksa Penuntut Umum. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

“Terus Jessica bilang: Kalau grasi, apa syaratnya om? Syaratnya kamu harus mengakui kalau kamu bersalah dan minta ampun. Dia bilang: Om, kalau itu saya tidak mau,” ia menjelaskan.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (12/10/2023), Otto Hasibuan mengaku kaget dengan keputusan Jessica Wongso memegang teguh prinsip.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Jessica Tak Mau Mengakui

Jessica Wongso
Jessica Wongso

“(Jessica bilang) saya tidak mau mengakui sesuatu hal yang tidak pernah saya lakukan, Om,” Otto Hasibuan menyambung. Ia memahami sakit hati Edi Darmawan mendapati putrinya meninggal dunia setelah ngopi.

Namun, Otto Hasibuan memberi catatan khusus. “Saya hanya tidak habis pikir kenapa dia sibuk memastikan Jessica yang membunuh dan tidak mau melihat fakta-fakta ini? Siapa tahu ada kemungkinan lain,” cetusnya.

 


Presiden Kita Yang Hebat Itu...

Ayah Wayan Mirna Salihin, Edi Darmawan. (Foto: Dok. YouTube Intens Investigasi)
Ayah Wayan Mirna Salihin, Edi Darmawan. (Foto: Dok. YouTube Intens Investigasi)

Diberitakan sebelumnya, ayah Wayan Mirna Salihin merespons kemungkinan Jessica Wongso mengajukan grasi kepada Presiden Jokowi untuk meringankan vonis 20 tahun penjara yang tengah dijalani.

“Ya, misalnya bisa silakan. Coba, Presiden kita yang hebat itu, Joko Widodo. Kalau saya yakin, dia menghormati hukum. Kalau sampai Jessica ngaku dia bunuh Mirna, kan mesti ngaku dulu. Jokowi bisa melotot tuh: Hah, lo bunuh Mirna?” ujar Edi Darmawan.

Infografis Geger Pembunuhan Berantai Tersangka Wowon Cs. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Geger Pembunuhan Berantai Tersangka Wowon Cs. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya