Metropolitan, Lagu Kolaborasi Raden Ajeng and the Angel Wings dengan Masgib yang Menjadi Representasi Kehidupan Ibukota

Metropolitan merupakan single lagu kolaborasi Raden Ajeng and the Angel Wings dan Masgib yang menceritakan dinamika serta problematika kehidupan sehari-hari di ibu kota.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 20 Nov 2023, 12:01 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2023, 19:50 WIB
Raden Ajeng and the Angel Wings
Grup unit musik Raden Ajeng and the Angel Wings. (Dok. IST)

Liputan6.com, Jakarta Grup musik Raden Ajeng and the Angel Wings telah merilis sebuah karya kolaborasi dengan rapper Masgib berupa single baru mereka yang berjudul “Metropolitan”. Single ini telah dirilis sekitar pekan lalu, tepatnya pada 11 November 2023.

Dikenal sebagai unit multi-genre dengan mengusung konsep pop orchestra dan neo-classical, Raden Ajeng and The Angel Wings dibentuk oleh Todi RA selaku vokalis dan gitaris, serta beranggotakan Gia Pramoda (bass), Febian (produser) dan Dami Mahardiwana (gitar).

Sementara, Masgib adalah seorang rapper yang telah berkolaborasi dengan beberapa musisi terkenal, termasuk di antaranya adalah Young Lex. Kembali pada karya baru, proses rekaman dan mastering dari single “Metropolitan” dilakukan di studio Kamar Taj, Bekasi.

“Metropolitan” merupakan lagu yang menceritakan dinamika dan problematika kehidupan sehari-hari di ibu kota. Liriknya menjadi representatif terhadap keseharian para masyarakat muda ibukota yang berusaha bertahan hidup dan berjuang di tengah hiruk-pikuk dan gemerlap kota.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kisah Lagu Metropolitan

Sampul Single Raden Ajeng and the Angel Wings
Sampul single grup unit musik Raden Ajeng and the Angel Wings yang berjudul Metropolitan. (Dok. IST)

Lagu “Metropolitan” menceritakan tentang pencarian makna hidup dan menata masa depan yang belum pasti sembari berdamai dengan masa lalu. Di tengah-tengah mengejar mimpi dan banalitas arti hidup, masyarakat muda metropolitan kerap berjuang untuk bertahan di industri mereka masing-masing.

Selain itu, masyarakat muda juga turut mengejar validasi. Begitulah representasi yang digambarkan oleh Raden Ajeng and the Angel Wings serta Masgib melalui lagu baru mereka yang satu ini.

 


Musikalitas dan Lirik

Raden Ajeng and the Angel Wings
Logo grup unit musik Raden Ajeng and the Angel Wings. (Dok. IST)

Secara musikalitas, lagu ini mengandung elemen rap lantaran kolaborasinya dengan Masgib yang seorang rapper. Namun, Raden Ajeng and the Angel Wings juga tetap mempertahankan elemen rock dan pop orchestra-nya di samping vokal rap yang dilantunkan Masgib.

Secara lirik, Raden Ajeng and the Angel Wings serta Masgib menyelipkan banyak metafora terkait mencari makna hidup dan bertahan di tengah bising ibukota.

Misalnya seperti, “Mencari kasih sayang; kasih sayang iblis di masa lalu.” Atau, “Kehampaan kota seperti kumpulan kayu; hidup tak ada guna, seperti berjalan dalam magma tanpa ginjal dan limpa.”

“Metropolitan” telah dirilis pada 11 November 2023, dan dapat diputar di segala platform musik kesayangan.

 


Single Lain dari Raden Ajeng and the Angel Wings

Selain "Metropolitan", Raden Ajeng and the Angel Wings juga merilis single “Wisteria” yang merupakan bagian dari album kedua, setelah berhasil merilis album debut yang berjudul “Fantasi 1” pada tahun 2021.

Lagu ini bercerita tentang perjalanan seorang narator yang sedang mencari cinta sejati, namun merasa frustasi di tengah jalan. Ia kemudian membuat sendiri manifestasi bentuk “cinta sejati” khayalannya dengan menggunakan boneka yang terbuat dari keju.

Narator kemudian merasa hampa karena sesungguhnya ia selama ini mencintai sesuatu yang tidak nyata. Lagu ini berjudul “Wisteria” karena kerap menyebut bunga wisteria sebagai referensi metafora dari keadaan narator yang merasa hampa tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya