YouTuber yang Memeras Tzuyang Minta Maaf Setelah Akunnya Tak Lagi Dimonetisasi, Ngaku Tak Tahu Kisah Aslinya

Jeon Guk Jin kemudian menghubungi kreator konten lain yang bernama Gujeyeok, soal informasi ini. Mereka berkomplot untuk memeras Tzuyang.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 18 Jul 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 09:00 WIB
Tzuyang. (Tangkapan layar YouTube/ tzuyang)
Jeon Guk Jin kemudian menghubungi kreator konten lain yang bernama Gujeyeok, soal informasi ini. Mereka berkomplot untuk memeras Tzuyang.. (Tangkapan layar YouTube/ tzuyang)

Liputan6.com, Jakarta YouTuber yang selama ini disebut-sebut terlibat dalam pemerasan Tzuyang, akhirnya buka suara. Hal ini dilakukan setelah pihak YouTube memblokir monetisasi di akun mereka. YouTuber yang buka suara ini, adalah Jeon Guk Jin.

Dilansir dari The Korea Times, pada Senin (15/7/2024) lalu pria ini mengungkap video pengakuan, berkaitan dengan upaya memeras Tzuyang. Ia mengaku pada awalnya, ia menerima informasi mengenai masa lalu YouTuber yang dikenal dengan konten mukbang ini, pada November 2020.

Namun karena kekurangan bukti langsung, ia sempat urung membuat konten yang mengekspos Tzuyang. Hanya saja, begitu ia mengalami kesulitan finansial saat COVID-19 melanda, Jeon Guk Jin teringat kembali soal informasi ini.

Jeon Guk Jin kemudian menghubungi kreator konten lain yang bernama Gujeyeok, soal informasi ini. Mereka berkomplot untuk memeras Tzuyang.

"Pada 27 Februari 2023, aku menerima 3 juta won dari Gujeyok sebagai uang tutup mulut. Ini adalah uang pertama dan terakhirku, yang kuterima dengan niat buruk, selama masaku di YouTube," kata dia.

Namun, Jeon Guk Jin menyebut ia sama sekali tak tahu bahwa Tzuyang adalah korban kekerasan sang amntan pacar--yang juga CEO agensi wanita ini. "Aku minta maaf dengan tulus kepada Tzuyang, yang masa lalunya terekspos lewat rekaman ini," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Memeras Tzuyang

Tzuyang. (Instagram/ tzuyang70)
Tzuyang. (Instagram/ tzuyang70)

Lantas, mengapa dulu Jeon Guk Jin memeras Tzuyang?

"Saat ini telah terungkap perbuatan buruk yang dilakukan pimpinan mantan agensi Tzuyang, tapi saat itu aku tak mengetahuinya. Aku mengira Tzuyang dan mantan pemimpin agensinya berkomplot untuk membohongi pemirsa dan mencuci bersih masa lalunya," kata dia. 


Tzuyang Jadi Korban Kekerasan Mantan Pacar

Tzuyang kunjungi Indonesia. (Tangkapan layar YouTube/ tzuyang)
Tzuyang kunjungi Indonesia. (Tangkapan layar YouTube/ tzuyang)

Seperti diberitakan sebelumnya Tzuyang telah mengonfirmasi bahwa dirinya menjadi korban kekerasan dari sang mantan pacar, yang bahkan memiliki rekaman ilegal tentang Tzuyang. 

Kekerasan yang dialami Tzuyang akhirnya diketahui para stafnya dua tahun lalu, yang kemudian mendorongnya untuk melakukan gugatan. Namun begitu ia mengajukan gugatan, sang mantan membocorkan masa lalunya ini pada YouTuber lain—yang kemudian mencoba memerasnya.


Kasusnya Diusut Kejaksaan

Diwartakan kanal Lifestyle Liputan6.com, kasus ini juga tengah dikejar penegak hukum Korea Selatan. 

Dilansir dari Allkpop, laporan pada Kamis, 11 Juli 2024 menunjukkan bahwa Divisi Kriminal 3 Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul, yang dipimpin Kepala Jaksa Choi Soon Ho, telah menangani kasus pemerasan ini.

Sebelumnya, seorang warga yang tidak disebutkan namanya mengajukan pengaduan disertai penuntutan terhadap YouTuber Gu Je Yeok, Jeonggukjin, dan Caracula. Mereka diduga mengancam atau terlibat dalam ancaman terhadap Tzuyang.

Infografis Daftar Penyedia Layanan Konsultasi Korban Kekerasan Seksual
Infografis Daftar Penyedia Layanan Konsultasi Korban Kekerasan Seksual. (Trisyani/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya